Utang Negara Kian Membengkak, Haris Rusly Moti: Negara Terancam Bangkrut, Angka Kemiskinan Makin Tinggi

Aktivis Petisi 28 Haris Rusly Moti mengaku prihatin dengan kondisi utang pemerintah Indonesia yang terus membengkak dan kian tak terkendali.

Pasalnya utang tersebut bertambah cukup signifikan apabila dibandingkan posisi utang pemerintah pada penghujung Agustus 2021 yakni Rp 6.625,43 triliun.

“Sobat, utang negara menumpuk tinggi, tembus Rp. 7.000 triliun (data INDEF), negara terancam bangkrut,” kata Haris dalam tweetnya yang dikutip pada hari, Minggu (7/11/2021).

Dengan kondisi utang yang demikian, lanjut Haris menegaskan, kemiskinan rakyat Indonesia makin meningkat, apalagi sejumlah pejabat negara dimasa pandemi Covid-19 ini menyalahkangunakan kekuasaan dan kewenangannya bahkan merangkap jabatan.

“Angka kemiskinan rakyat makin tinggi. Tapi, segelintir pejabat negara yang merangkap jadi pedagang justru makin kaya dengan menyalahgunakan kekuasaan dan selewengkan kewenangan, kasus PCR, dan lain-lain,” ungkapnya.

Kemudian, Haris juga menyinggung pejabat negara yang mengalami kenaikan harta kekayaan selama pandemi bahkan mencapai 70,3 persen. “KPK ungkap 70,3 % pejabat bertambah kaya selama pandemi,” singkatnya. {TS}