News  

Puting Beliung Landa Yogyakarta, Puluhan Rumah Rusak

Puting Beliung Yogyakarta

Hujan deras disertai angin kencang dan angin puting beliung melanda wilayah kota Yogyakarta dan Bantul, Selasa (24/4/2018) siang. Sedikitnya 34 unit rumah dan dua gedung kampus rusak, porak poranda. Sementara sejumlah pohon dan tiang listrik roboh. Sedangkan seorang dosen STPMD mengalami luka-luka akibat tertimpa dahan pohon.

Menurut laporan Tim Reaksi Cepat Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) DI Yogyakarta, peristiwa alam mengerikan itu terjadi siang tadi sekitar pukul 14.05 WIB.

Bangunan yang paling parah mengalami kerusakan akibat angin puting beliung diantaraya rumah warga, toko, kafe, galeri hingga kampus.

Rumah warga yang paling banyak mengalami kerusakan diantaranya di Kampung Sorowajan Baru Banguntapan. Galeri milik Kabul di Jl Timoho juga rusak parah. Padahal bangunan tersebut baru selesai diperbaiki.

Selanjutnya atap gedung di Kampus STPMD Yogyakarta di Jl Timoho juga rusak. Akibatnya kegiatan perkuliahan untuk sementara akan diliburkan karena akan diperbaiki. Seorang dosen dilaporkan terluka akibat tertimpa dahan pohon. Saat ini korban luka tersebut sudah dirujuk ke RS Bethesda, Yogyakarta.

Selain bangunan rumah dan kampus, angin puting beliung juga menghancurkan 34 unit rumah penduduk di Kampung Sosrowijayan Baru, Kecamatan Banguntapan, Bantul Yogyakarta.

Puting beliung juga merusak kampus STMIK AKAKOM yang terletak di Karang Jambe No.143, Banguntapan Bantul. Akibat sapuan puting beliung itu, atap ruang kelas A12 mengalami kerusakan, karena asbes berterbangan dan jatuh di atap kelas tersebut.

Hingga kini, warga dibantu tim reaksi cepat BPBD DIY masih berbenah, sementara petugas juga terus melakukan pendataan.