Tekno

CEO Apple Tim Cook Sarankan Pengguna iPhone Beli Android Saja Jika Ingin Fitur SideLoad

0

CEO Apple, Tim Cook, secara terbuka menyarankan pengguna perangkatnya untuk membeli handphone (HP) Android daripada iPhone, kalau ingin punya fitur khusus bernama sideload. Fitur ini memang tengah jadi topik panas, di mana banyak pihak menekan Apple untuk memasangnya di iPhone.

Di acara DealBook Online Summit 2021 yang digelar media The New York Times, Tim Cook menyarankan konsumen yang ingin menggunakan fitur sideloading untuk instal aplikasi dari pihak ketiga harus mempertimbangkan untuk membeli perangkat Android.

Sementara iPhone hanya menawarkan pengalaman keamanan dan privasi yang maksimal.

Saya pikir orang memiliki pilihan itu hari ini. Jika Anda ingin melakukan sideload, dapat membeli ponsel Android. Pilihan itu ada, ketika Anda pergi ke toko. – Tim Cook, CEO Apple –

Lebih lanjut, Cook mengibaratkan Apple yang menjual iPhone dengan sideloading seperti produsen mobil yang menjual mobil tanpa airbag atau sabuk pengaman, sama-sama sangat berisiko bagi penggunanya.

Itu sebabnya Apple tidak mengizinkan fitur tersebut ada di semua sistem perangkatnya.

“Terlalu berisiko untuk melakukan itu. Dan tidak akan menjadi iPhone, jika tidak memaksimalkan keamanan dan privasi,” kata Cook dikutip Mac Rumors.

Fitur sideloading adalah istilah yang merujuk menginstal aplikasi secara manual dari Internet atau koneksi USB dengan perangkat lain, alih-alih melakukannya melalui toko aplikasi resmi, seperti Apple Apps Store atau Google Play Store.

Artinya, pengguna bisa instal aplikasi dari pihak ketiga ke dalam perangkat tanpa ditinjau keamanannya terlebih dahulu.

Apple sebelumnya telah mengeluarkan laporan keamanan yang menyebut HP Android sangat lemah dan rentan terserang malware, karena mengizinkan fitur sideloading. Bahkan, risiko perangkat Android terkena malware bisa 47 kali lebih besar dibanding di iPhone.

Banyak analisis fitur sideloading akan memudahkan eksekusi banyak serangan malware hingga trojan yang saat ini sulit dieksekusi di iOS. Apple percaya membuka ‘pintu’ tersebut akan merugikan pengguna, bisnis, pengembang, dan pengiklan.

Apple sendiri mendapat tekanan dari Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, Badan Keamanan Siber Eropa, NIST, Norton, dan banyak lagi yang meminta perusahaan membuka sistem operasi iOS.

Mereka sepakat untuk memaksa Apple mengizinkan sideloading di iOS, seperti yang dilakukan Android. {kumparan}

Kebakaran Kilang Pertamina Karena Petir Terlalu Sederhana, Adian Napitupulu Curiga Ada Sabotase

Previous article

Unggah Foto Mesra Cium Pipi Ayu Ting Ting, Ivan Gunawan Didesak Netizen Segera Halalkan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *