News  

Erick Thohir: Formula E Salah Satu Event Besar Untuk Promosikan Indonesia Pada Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menilai bahwa kompetisi balap mobil listrik Formula E di Jakarta tahun depan, merupakan event besar yang bisa mempromosikan Indonesia kepada dunia.

“Tentu event yang lain itu adalah event lebih daripada mempromosikan Indonesia. Apakah Formula E, apakah MotoGP,” kata Erick Thohir kepada wartawan, kemarin, di Jakarta.

Selain itu, Erick Thohir juga menuturkan bahwa pada tahun 2022 akan ada banyak event besar di Indonesia. Seperti diketahui, acara besar itu termasuk perhelatan G20 atau Group of Twenty menjadi yang utama.

Dalam Forum itu, Indonesia menjadi tuan rumah sehingga bertanggung jawab penuh atas penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan.

Adapun G20 merupakan sebuah forum kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia.

Forum G20 terdiri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa. Selama G20 berlangsung, terdapat 117 pertemuan yang dihadiri oleh 39 tokoh di dunia yang dimulai sejak Desember 2021.

Karena itulah, kata dia, Presiden RI Joko Widodo menaruh perhatian besar dalam Forum G20 ini.

“Jadi ini bukan kaleng-kaleng (sembarangan), dan penting karena itu statement (pernyataan) bapak Presiden jelas, bahwa kita sudah waktunya menjadi sentra daripada dunia,” kata Erick.

Diketahui, ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta akan digelar pada tanggal 4 Juni tahun 2022 .

Sejatinya, ajang balap mobil listrik ini seharusnya digelar pada 2020. Namun, karena pandemi Covid-19, penyelenggaraan Formula E terpaksa diundur ke tahun 2022. {kompas}