Praveen/Melati Tersingkir Dari Indonesia Open 2021, Puasa Gelar Juara Berlanjut

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti secara mengejutkan harus tersingkir di babak 16 besar Indonesia Open 2021, Kamis (25/11/2021).

Praveen/Melati yang berstatus sebagai unggulan kedua di Indonesia Open 2021 itu gagal tampil maksimal saat melawan wakil non unggulan asal Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje.

Berbagai kesalahan individu yang dilakukan Praveen/Melati menjadi penyebab mereka tersingkir dari turnamen Indonesia Open 2021.

Pasangan ganda campuran peringkat kelima dunia itu menelan kekalahan dari Mathias/Boje lewat straight game dengan skor 21-23 dan 14-21.

Hasil tersebut menjadi kekalahan pertama Praveen/melati atas Mathias/Boje setelah selalu memetik kemenangan pada tiga pertemuan sebelumnya.

Selepas pertandingan, Melati Daeva Oktavianti mengaku telah menampilkan pola permainan terbaiknya bersama Praveen. Namun, pertahanan dari Mathias/Boje sangat rapat dan sulit ditembus.

“Pertahanan mereka sangat rapat dan beberapa kali lami mencoba menyerang, malah tidak tembus,” ungkap Melati seperti rilis resmi PBSI pada Kamis (25/11/2021).

“Kami sudah mengeluarkan strategi permainan terbaik kita,” lanjut Melati.

Melati menyadari pola permainan individu belum solid sehingga ia bertekad untuk memperbaiki pada penampilan selanjutnya.

“Kalau dari saya, perlu diperbaiki tenaga yang harus dikuatkan. Juga permainan individunya perlu diperbaiki,” tambah Melati.

Kekalahan Praveen/Melati atas Mathias/Boje membuat mereka gagal melaju ke Perempat Final Indonesia Open 2021.

Turnamen Indonesia Open 2021 yang diharapkan bisa menjadi misi kebangkitan Praveen/Melati justru tidak sesuai harapan.

Selain itu, kekalahan tersebut menjadi catatan kedua hasil minor Praveen/Melati di turnamen yang bertajuk Indonesia Badminton Festival yang digelar di rumah sendiri setelah ajang Indonesia Masters 2021.

Di Indonesia Masters 2021, Praveen/Melati juga tersingkir lebih cepat di babak pertama. Saat itu, Praveen/Melati mengakui keunggulan lawannya asal India, Dhruv/Kapila/Reddi N Siki.

Runner-up Hylo German Open 2021 itu kalah melawan Kapila/Reddy dua gim langsung dengan skor 10-21 dan 20-22.

Kondisi tersebut membuat Praveen/Melati harus kembali puasa gelar juara dalam partisipasinya di ajang BWF World Tour setelah terakhir memenangkan All England 2020.

Meski demikian, Praveen/Melati masih memiliki kesempatan untuk mengakhiri puasa gelar juara pada turnamen HSBC BWF World Tour Finals 2021.

Pertandingan HSBC BWF World Tour Finals 2021 dijadwalkan akan berlangsung mulai 1 hingga 5 Desember 2021 mendatang. {tribun}