Si Kutu Loncat Ruhut Sitompul Hinggap di PDIP

Ruhut Sitompul Kutu Loncat PDIP

Sosok Ruhut Sitompul seakan tak pernah lepas dari kontroversi. Bak ‘kutu loncat’, kali ini Ruhut muncul dengan seragam PDIP tanda resmi bergabung dengan partai banteng itu.

Ruhut memulai karier sebagai pengacara dan dikenal dekat dengan Partai Golkar dan penguasa di era Presiden Suharto. Dia ditunjuk sebagai pengacara Ketua Umum DPP Partai Golkar Akbar Tandjung dan sejumlah yayasan milik mantan Presiden Suharto.

Kiprahnya di Partai Golkar terhenti setelah Ruhut Sitompul memutuskan untuk keluar dan bergabung dengan Partai Demokrat. Kariernya di Partai Demokrat juga terbilang moncer.

Pria kelahiran Medan, 24 Maret 1954 ini tercatat menjadi anggota DPR dan dipercaya mengisi Komisi III. Selain itu, sejumlah jabatan struktural di DPP Partai Demokrat juga pernah diembannya.

Selama di Partai Demokrat, Ruhut terkenal sebagai orang yang paling depan membela partai termasuk sang Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Salah satunya soal pembelaan terhadap tudingan aliran dana korupsi Bank Century yang terus ditujukan kepada SBY dan Demokrat.

Hubungan pria 64 tahun itu dengan Partai Demokrat mulai renggang sejak dirinya memilih “membelot” mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilgub DKI Jakarta. Padahal, Demokrat mengusung putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai cagub.

Sejak saat itu, Ruhut dipecat dari jabatan struktural dan hanya berstatus kader biasa. Tapi, momen ini justru membuat Ruhut lebih dekat dengan Ahok dan PDIP.

Sampai akhirnya, beredar foto Ruhut mengenakan seragam merah PDIP. Pemeran sinetron ‘Gerhana’ itu rupanya ikut dalam kampanye cagub Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat yang merupakan kader PDIP.

“Iya benar, aku sudah masuk PDIP. Apa salahnya aku bergabung dengan PDIP,” ujar Ruhut Senin (30/4). Tugas yang diemban Ruhut juga tidak main. Dia dipercaya menjadi juru kampanye PDIP di Pilkada 2018.

“Aku bantu kampanye, mereka minta aku jadi jurkam, yang didukung PDIP aku ikut turun. Jadi bukan hanya di Sumut di mana aja aku ditugaskan, aku bilang, siap aku bantu,” tuturnya.