Tekno  

Belum Genap Setahun, Aplikasi Lokal Fita dan Kuncie Dianugerahi Google Play Awards 2021

Aplikasi lokal Kuncie dan Fita berhasil meraih penghargaan Google Play Awards 2021 , ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan Google Play. Kedua aplikasi tersebut besutan Telkomsel.

Aplikasi Kuncie berfokus pada pengembangan potensi talenta di Indonesia melalui pembelajaran maupun pengembangan keterampilan di berbagai bidang. Aplikasi tersebut terbaik di kategori Best for Personal Growth.

Adapun Fita menjadi aplikasi yang dapat membantu masyarakat menerapkan hidup lebih sehat, dan dinobatkan sebagai Best Hidden Gems.

Uniknya, usia kedua aplikasi tersebut belum genap setahun. Namun, menurut Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam antusiasmenya memang besar.

”Kehadiran Kuncie dan Fita merupakan wujud keseriusan Telkomsel untuk mengembangkan digital trifecta perusahaan yang berfokus pada customer-centricity,” ujarnya.

Head of Operations Kuncie Hendra Saputra mengatakan, Kuncie memiliki 100 mentor yang mencoba menghadirkan lebih dari 1000 pembelajaran dalam format yang mudah dan praktis. ”Solusinya dapat diimplementasikan nyata oleh para pengguna,” beber Hendra.

Kuncie dirilis Telkomsel pada Juli 2021, menjadi platform dimana pengguna bisa belajar langsung dari praktisi dan para ahli di bidangnya.

Hingga saat ini, Kuncie telah diunduh lebih dari satu juta kali di Google Play Store, dengan pertumbuhan pengguna aktif rata-rata 45.5% sejak pertama kali diluncurkan, dan menduduki Top-3 aplikasi edukasi di Google Play Store Indonesia.

Sementara itu, Chief Executive Officer Fita Reynazran Royono menjelaskan bahwa aplikasi Fita sejak awal dibentuk memiliki visi membantu masyarakat dalam membangun kebiasaan baik agar tercipta hidup lebih sehat.

Tingginya antusiasme terhadap Fita, lanjut Reynazran, menandakan kepedulian masyarakat akan hidup sehat terus meningkat. ”Pengembangan produk yang mengedepankan teknologi akan menjadi fokus utama kami di awal 2022 nanti,” ujarnya.

Aplikasi Fita resmi dikenalkan Telkomsel sejak November 2021, dengan keunggulan localized content seputar kesehatan, nutrisi, dan berbagai program olahraga yang telah dikurasi oleh certified coach.

Saat ini, Fita telah berhasil menduduki peringkat pertama pada kategori Health & Fitness, menandai satu-satunya aplikasi kesehatan lokal di Top 10 Health & Fitness di Google Play Store, yang kini telah diunduh lebih dari 500 ribu kali, dengan pertumbuhan pengguna aktif hingga 10 kali lipat dibandingkan tiga bulan sebelumnya. {sindo}