News  

Minyak Goreng Rp.14.000 Tak Kunjung Hadir di Minimarket, Janji Mendag Luthfi Dipertanyakan

Harga minyak goreng tengah meroket di tengah kenaikan harga minyak kelapa sawit atau crude palm oil/CPO di pasar global. Di situs Info Pangan Jakarta, harga tertinggi minyak goreng sudah menembus Rp 21.000 per liter dari harga normal di kisaran Rp 15.000 per liter.

Untuk meredam situasi ini, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan sebanyak 11 juta liter minyak goreng Rp 14.000 per liter sudah terdistribusi di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi, bekerja sama dengan berbagai asosiasi terkait.

“Bersama tim Kementerian Perdagangan kami koordinasi dengan para produsen. Hasilnya, Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia dan GIMNI Indonesia menyediakan 11 juta liter minyak goreng kemasan sederhana seharga Rp 14.000. Pendistribusiannya di Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi,” kata Lutfi di akun Instagram pribadinya yang diunggah pada Rabu (1/12).

Namun, fakta di lapangan berbeda. Hari ini, Jumat (3/12), kumparan mencoba menelusuri ketersediaan minyak goreng yang dimaksud Mendag tersebut, dan hasilnya nihil.

Minyak goreng Rp 14.000 per liter tidak ditemukan di Alfamidi Jalan Harsono, Ragunan, Kecamatan. Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Harga minyak goreng paling murah yang dijual adalah Minyak Goreng Sawit Alfamart Rp 18.900 per liter.

Pegawai Alfamidi tersebut menuturkan dua minggu lalu ada stok minyak goreng masuk dengan harga Rp 14.000 per liter, namun itu minyak goreng bermerek Amanda.

“Terakhir dua minggu lalu, Cuma dua dus yang masuk. Dulu harganya Rp 11 ribu (per liter), sekarang Rp 14 ribu (per liter). Besok kalau datang lagi paling harganya naik,” ungkapnya.

Hasil nihil juga didapat ketika mencari ke Alfamart di Jalan Warung Buncit, Pancoran, Jakarta Selatan dan Indomaret Point Ampera di Jalan Ampera, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Harga minyak goreng termurah di Alfamart tersebut Rp 19.700 per liter bermerek Sania. Sementara, harga minyak goreng termurah yang ditemukan di Indomaret Point Ampera adalah minyak goreng kemasan 2 liter Fortune seharga Rp 36.800.

“Minyak goreng harga Rp 14.000 per liter ada nya setahun yang lalu, sekarang naik semua,” kata seorang pegawai di Indomaret Point.

Terkait hal ini, kumparan telah menghubungi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan. Namun sampai tulisan ini ditulis, belum ada tanggapan. {kumparan}