Ini Daftar 13 Pemain Klub Eropa Yang Tampil di Piala AFF 2020, 3 Di Antaranya Bela Timnas Indonesia

SEBANYAK 13 pemain yang merumput bersama klub-klub Eropa, ambil bagian di Piala AFF 2020. Dari 13 nama itu, tiga di antaranya merupakan personel Timnas Indonesia.

Mereka ialah Elkan Baggott (Ipswich Town U-23/Inggris), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia) dan Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia).

Untuk Egy Maulana Vikri, baru saja membantu FK Senica menang 1-0 atas Liptovsky Mikulas di pekan ke-17 Liga Slovakia 2021-2022, Sabtu 4 Desember 2021 malam WIB.

Selain Timnas Indonesia, cuma Malaysia, wakil Grup B Piala AFF 2020 yang memiliki pemain di Eropa. Harimau Malaya –julukan Timnas Malaysia– diperkuat dua nama yakni Dion Cools (FC Midtjylland/Denmark) dan Luqman Hakim (KV Kortrijk/Belgia).

Apresiasi lebih layak diberikan kepada Dion Cools yang memiliki darah Belgia dan Malaysia ini. Sebab, Dion Cools pernah merasakan atmosfer Liga Champions. Total ia turun dalam sembilan pertandingan Liga Champions bersama dua klub berbeda, Club Brugge (Belgia) dan FC Midtjylland.

Aksi terbaru Dion Cools tercipta musim lalu bersama FC Midtjylland. Ia turun tiga kali saat FC Midtjylland tumbang 1-2 dan 1-3 dari Ajax Amsterdam, serta ketika sang klub menahan Liverpool 1-1.

Lanjut ke Grup A yang berisikan Thailand, Singapura, Timor Leste, Myanmar dan Filipina. Tercatat ada delapan pemain klub Eropa yang tergabung di Grup A.

Mereka ialah tiga pemain Thailand, yakni Kawin Thamsatchanan (Oud-Heverlee Leuven/Belgia), Jonathan Khemdee (Odense/Denmark) dan Thanawat Seungchitthawon (Leicester City U-23/Inggris).

Bagaimana dengan Timnas Filipina yang gemar menggunakan pemain keturunan? Skuad asuhan Scott Cooper ini diperkuat Harry Foll (FC 08 Villingen, Jerman), Jesper Nyholm (Djurgarden Fotboll, Swedia), dan Angel Guirado (Alhaurin Torre CF, Spanyol).

Sementara itu, Singapura dan Laos memiliki masing-masing satu pemain. Pemain Singapura, Ikhsan Fandi mentas bersama klub asal Norwegia, FK Jerv. Untuk Billy Ketkeophomphone, ia merumput bareng USL Dunkerque yang turun di kasta kedua sepakbola Prancis (Ligue 2).

Berikut 13 pemain klub Eropa yang tampil di Piala AFF 2020:

Thailand

– Thanawat Seungchitthawon (Leicester City)

– Kawin Thamsatchanan (Oud-Heverlee Leuven)

– Jonathan Khemdee (Odense Boldklub)

Filipina

– Harry Foll (FC 08 Villingen)

– Jesper Nyholm (Djurgarden Fotboll)

– Angel Guirado (Alhaurin Torre CF)

Singapura

Ikhsan Fandi (FK Jerv)

Laos

Billy Ketkeophomphone (USL Dunkerque)

Indonesia

Egy Maulana Vikri (FK Senica)

Elkan Baggott (Ipswich Town)

Witan Sulaeman (Lechia Gdansk)

Malaysia

Dion Cools (FC Midtjylland)

Luqman Hakim (KV Kortrijk) {okezone}