Disney Gandeng Google, Biaya Langganan Youtube TV Jadi Rp.934 Ribu

The Walt Disney Company dan Google LLC sepakat untuk bekerja sama mendistribusikan saluran medianya lewat YouTube TV. Dengan kerja sama ini, biaya langganan YouTube TV menjadi lebih murah atau kembali ke US$64,99 atau setara Rp934 ribu per bulan (kurs Rp14.383 per dolar).

Bagi pelanggan yang sebelumnya telah kehilangan saluran Disney di YouTube TV akan menerima diskon untuk satu bulan pemakaian sebesar US$15.

Disney mengapresiasi kerja sama ini dengan mengatakan kolaborasi tersebut akan membuat konsistensi terhadap pasar khususnya olahraga dan anak-anak.

“Kami menghargai kolaborasi Google untuk mencapai persyaratan yang konsisten dengan pasar, dan kami senang bahwa rangkaian acara olahraga serta program hiburan anak-anak, keluarga, dan umum sedang dalam proses untuk dipulihkan ke YouTube TV,” tulis Disney dalam pernyataan resmi dikutip dari CNN Business, Senin (20/12).

Kerja sama ini merupakan hasil negosiasi antar kedua perusahaan yang berjalan dalam beberapa bulan terakhir setelah pengguna mengeluhkan di sosial media tentang program ESPN yang hilang.

Sebelumnya, YouTube TV menghilangkan tayangan program milik Disney, seperti ESPN hingga ABC. YouTube memberikan diskon sebesar US$15 kepada pelanggan yang kehilangan program tersebut.

Google mengatakan Disney menolak pembayaran yang adil dengan syarat dan ketentuan pasar yang berlaku. Sehingga, banyak program milik Disney yang dihilangkan di YouTube TV.

Menanggapi hal tersebut, Disney meminta YouTube untuk memperlakukan Disney seperti penyedia layanan TV berbayar lainnya. Layanan yang dimaksud dengan memberikan tarif yang sama di semua saluran Disney.

Namun kini, YouTube berusaha untuk mengembalikan program Disney tak terkecuali FX, National Geographic, Freeform, dan ABC. {CNN}