Tekno  

5 Cara Mudah Kosongkan Ruang Penyimpanan Hp Tanpa Perlu Hapus Aplikasi

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi bisa Anda lakukan jika memori di smartphone sudah penuh. Setelah ruang penyimpanan kembali tersedia, otomatis smartphone kembali ke performa semula.

Memang hal yang menyebalkan ketika memori di HP sudah penuh karena akan membuat smartphone Anda menjadi lemot. Cara yang Anda lakukan agar HP tidak lemot kembali adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan.

Denagn menghapus beberapa aplikasi memang akan menyediakan beberapa ruang kosong di memori penyimpanan. Namun biasanya itu tidak berlangsung lama karena ruang yang tersedia tidak terlalu besar.

Untuk mendapatkan memori yang besar, berikut 5 cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi:

1. Pindahkan File ke Memori Eksternal

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi adalah dengan memindahkan memori ke kartu eksternal atau MicroSD. Berikut cara yang bisa dilakukan:

– Buka menu setting atau pengaturan.

– Pilih menu Applications, lalu klik Application manager.

– Jika sudah memilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke microSD, lalu klik Move to SD card. Selesai!

2. Hapus Cache

Agar HP kamu tidak lemot karena memori hampir penuh, cara yang bisa dilakukan adalah menghapus cache. Ini sebenarnya cache merupakann data dari penggunaan suatu aplikasi yang disimpan secara sementara di memori HP.

Berikut cara menghapus cache untuk kembali mendapatkan ruang penyimpanan:

– Buka menu pengaturan, lalu cari dan tap opsi Apps/Aplikasi atau Application Manager.

– Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya, misalnya Instagram. Silakan tap ikon aplikasi Instagram.

– Nanti akan ada beberapa opsi, silahkan pilih tap opsi Storage.

– Kemudian tap Clear Cache yang ada di sebelah kiri Clear Data. Selesai!

3. Cadangkan Foto ke Google Photos

Selfie atau swafoto menjadi kebiasaan umum yang dilakukan ketika sedang berwisata atau berada di tempat menarik. Namun seringnya melakukan foto akan membuat memori di HP Anda akan cepat penuh.

Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa mencadangkan foto tersebut ke Google Photos. Nantinya, foto akan tersimpan di Google Photos denga kapasitas yang tinggi sehingga tidak memberatkan memori HP Anda.

Cara memindahkan foto ke cadangan Google Photos juga mudah, buka Google Photos, pilih menu Settings dan nyalakan saklar di menu Back up & sync. Secara otomatis foto yang ada di ruang penyimpanan akan tersimpan di Google Photos dan Anda bisa menghapus foto di ruang penyimpanan HP.

4. Bersihkan Sampah

Mengosongkan ruang penyimpanan bisa dilakukan dengan membersihkan sampah yang ada di HP Anda. File sampah ini biasanya berasal dari pemkaian bekas aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Namun untuk menghapus file sampah ini Anda memerlukan aplikasi tambahan yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store, seperti CCleaner, SD MAid, 1Tap Cleaner, dll.

5. Hapus File Video

Seringkali Anda mendownload video di YouTube agar bisa ditonton di wilayah yang tidak ada jaringan internetnya. Karena keseringan mendownload video YouTube ini, ruang penyimpanan internal di HP akan cepat penuh karena file video memang paling banyak menggunakan memori.

Agar ruang penyimpanan bisa digunakan, hapus video yang sudah pernah ditonton agar memori kembali kosong. Anda juga bisa menghapus video-video yang berasal dari grup WhatsApp Anda agar ruang penyimpanan kembali tersedia. {sindo}