Megawati Bingung, Sudah 76 Tahun Merdeka Harga Sembako Masih Mahal

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri angkat bicara perihal kenaikan harga sembako yang dalam beberapa bulan terakhir terjadi.

Hal tersebut dikemukakan Megawati Soekarnoputri dalam pidato kunci dalam peringatan HUT ke-49 PDI Perjuangan yang digelar secara virtual, Senin (10/1/2022).

“Saya sendiri pak Jokowi, bayangkan. Saya kan sering lihat toh. Kemarin harga cabai sekian, harga minyak goreng sekian, bawang merah sekian. Aneh menurut saya. Kok klasik amat ya,” kata Megawati.

“76 tahun merdeka lho, masih sih begitu saja, di mana ya salahnya? Ini autokritik,” tegas Megawati.

Megawati mengatakan persoalan kenaikan harga sembako sudah terjadi sejak lama. Bahkan, persoalan ini sempat mengemuka saat ia menjadi anggota parlemen.

“Saya juga mengkritik ketika di DPR, saya sering kali itu makanan saya tiap hari. Tahu-tahu saya mesti ke mana, itu karena petani-petani minta Ibu Mega datang,” kata Megawati.

“Karena kenapa kok harga bawang ini kelihatannya akan jatuh, ya karena daerah saya Jawa Tengah, saya larilah ke Jawa Tengah. Saya menanyakan, kenapa, kenapa. Jadi menurut saya jalan, pengalaman saya, seperti makan nasi tiap hai, tapi kok masih hari ini kok masih klasik. Sebetulnya ada apa,” jelasnya. {cnbc}