Penyanyi Pop Ini Dikecam Publik Karena Lagunya Dituding Hina Nabi Adam Dan Hawa

Seorang penyanyi pop asal Turki bernama Sezen Aksu, dikecam publik lantaran lagunya dianggap menghina Nabi Adam dan Hawa. Lagunya itu bertajuk ‘Sahane Bir Sey Yasamak’ (Hidup adalah hal yang luar biasa).

Lagu yang dirilis akhir tahun 2021 itu dimaksudkan untuk menyambut Tahun Baru. Namun, salah satu penggalan lirik diduga bernada penghinaan.

Lirik yang menuai berbagai reaksi protes itu sebagai berikut. “Beri salam kepada Hawa dan Adam yang bodoh itu”.

Tak hanya dari lirik lagu, Sezen Aksu juga disebut menunjukkan ekpresi menghina saat melafalkan lirik tersebut ketika bernyanyi.

“Situasi ini menimbulkan kemarahan di antara umat Islam. Faktanya, ada kemarahan terhadap tersangka oleh banyak orang di saluran YouTube, halaman Facebook, dan situs web tersangka,” ujar kuasa hukum pelapo, Mikail Yilmaz, dikutip dari Hops.id – jaringan Suara.com, Jumat (21/1/2022).

Situasi jagat maya semakin mencekam ketiga tagar #SezenAksuHaddiniBil muncul dan ramai digunakan. Pasalnya, tagar tersebut memiliki arti ‘Sezen Aksu Tahu Tempat Anda’.

Selain kecaman di jagat maya. Sezen Aksu juga didatangi oleh pendemo di kediamannya di Istanbul. Tentu saja, aksi itu dilakukan untuk memprotes penyanyi yang dijuluki ‘Ratu Pop Turki’ itu.

Bahkan, beberapa petinggi di Turki seperti Mustafa Acikgoz yang merupakan anggota parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) juga ikut mengecem Sezen Aksu lewat Twitter.

Hingga artikel ini dimuat, penyanyi kelahiran 1954 itu belum memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai dugaan penghinaan Nabi Adam yang dilayangkan publik.

Pemilik nama lahir Fatma Sezen Yildirim ini lahir tanggal 13 Juli 1954. Ia mulai terjun ke dunia tarik suara pada tahun 1975 hingga sekarang.

Selain penyanyi, Sezen Aksu juga penulis dan produser lagu. Ia telah menjual lebih dari 40 juta album di seluruh dunia. Tak heran, jika ia mendapatkan julukan ‘Ratu Pop Turki’.

Selama perjalanan kariernya, ia telah berkolaborasi dengan musisi lain seperti Sertab Erener, Hande Yener, Levent Yuksel, dan lainnya.

Karyanya yang paling terkenal hingga dicap sebagai hits benua adalah “mark” dan “kdm”. Kolaboarasinya dengan Goran Bregovic juga memperluas pasar penikmat lagunya. {suara}