Yamaha Remuk di Tes Pra Musim MotoGP 2022, Dovizioso: Kami Harus Tiru Quartararo

PEMBALAP Tim RNF Yamaha, Andrea Dovizioso, mengaku kesulitan beradaptasi dengan motornya. Hal itu terlihat dalam uji coba pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang pada 5-6 Februari 2022.

Pada uji coba tersebut, Andrea Dovizioso hanya sanggup mencetak waktu tercepat 1 menit 59,284 detik. Ia hanya menduduki posisi ke-22 dari 27 pembalap yang mengikuti tes pramusim tersebut.

Meski terlihat buruk, ia tidak sendiri. Jika dilihat dari hasil pramusim, hampir seluruh rider Yamaha berada di sekitarnya. Termasuk pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli yang menduduki peringkat ke-24.

Satu-satunya pembalap Yamaha yang menembus posisi 10 besar adalah sang juara bertahan, Fabio Quartararo. Ia berhasil merangsek ke peringkat ketujuh, jauh di depan pembalap Yamaha lainnya.

Andrea Dovizioso menyadari, satu-satunya cara bisa bersaing bersama dengan pembalap Yamaha lainnya adalah meniru Fabio Quartararo. Jika tidak, itu akan berdampak pada pertarungan MotoGP 2022. Alhsail, Yamaha bisa saja berpeluang gagal bersaing di lini depan.

“Saya tidak terlalu senang dengan kecepatannya. Saya pikir satu-satunya jalan yang ada saat ini adalah meniru cara Fabio Quartararo mengendarai Yamaha,” cupany dikutip Crash, Senin (7/2/2022).

Baginya cara Fabio Quartararo yang bisa menembus 10 besar di pramusim itu ampuh jika ingin mendongkrak nama Yamaha.

“Hal itu sudah tampak pada musim lalu dan dua hari uji coba terakhir di Sepang. Jika tidak mengendarai motor sepertinya, akan sulit untuk cepat. Sangat aneh, dan kami harus melakukannya agar bisa bersaing,” ujarnya.

Hanya saja, pembalap asal Italia tersebut menyadari tidak mudah meniru sang juara bertahan, Fabio Quartararo. Ia hanya sanggup memperbaiki gaya balapnya dan merasa sulit jika harus meniru sepenuhnya.

“Saya mempelajari datanya dan sulit meniru pembalap lain. Kami dapat menganalisa dan memahaminya, karena hal itu harus dilakukan. Tetapi, kami tidak bisa meniru pembalap lain. Saya hanya bisa lebih baik di beberapa area,” tegas runner-up MotoGP 2017, 2018 dan 2019 ini.

Selanjutnya, para pembalap MotoGP kembali menjalani tes pramusim. Rencananya, tes pramusim MotoGP 2022 selanjutnya dilangsungkan di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022. {okezone}