News  

Bikin Bangga! Kalahkan Selandia Baru, Indonesia Kini Jadi Negara Paling Indah di Dunia

Keindahan alam Indonesia memang sudah tidak terbantahkan lagi. Membentang dari Sabang hingga Merauke, adalah hal yang wajar jika Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah di dunia tahun 2022.

Ya, bukan isapan jempol belaka, predikat Indonesia sebagai negara terindah di dunia didapat berdasarkan analisis yang dilakukan oleh situs asal Inggris, Money.co.uk, seperti dilansir Timeout.

Dalam studi yang dirilis pada 7 Februari lalu, Indonesia berhasil mengalahkan negara-negara indah lainnya, salah satunya Selandia Baru.

Untuk menentukan deretan negara paling indah di dunia, tim peneliti Money.co.uk, menganalisis negara-negara di dunia berdasarkan tujuh kategori. Di antaranya gunung berapi, pegunungan, terumbu karang, kawasan lindung, garis pantai, hutan hujan, serta gletser.

Setiap kategori tersebut dihitung per 100.000 kilometer persegi (dengan angka luas lahan yang bersumber dari Bank Dunia), sebelum kemudian diberikan skor yang dinormalisasi dari 10 untuk setiap faktor sebelum skor rata-rata di ketujuh faktor diambil.

Indonesia Negara Paling Indah di Dunia

Hasilnya, Indonesia berada di peringkat wahid dengan skor 7,77. Menurut studi tersebut, Indonesia memiliki 17 ribu pulau, 147 gunung berapi, dan terumbu karang, serta hutan hujan yang tak terhitung jumlahnya, sehingga Indonesia berada di urutan teratas. Selain itu, Indonesia juga memiliki 50 ribu kilometer garis pantai.

Kemudian, Indonesia juga memiliki lebih dari 50 ribu kilometer persegi terumbu karang yang sebagian besar dapat dijelajahi dari Bali.

Studi tersebut juga mencatat beberapa tempat wisata alam paling populer di Indonesia, antara lain hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan. Di mana tempat wisata tersebut merupakan cagar alam orang utan dan sejumlah situs warisan dunia UNESCO, seperti Taman Nasional Komodo.

Sementara di posisi kedua ditempati oleh Selandia Baru. Meski memiliki bentang alam yang indah, Negeri Kiwi masih berada di bawah posisi Indonesia dengan skor 7,27.

Kemudian, setelah Selandia Baru, Kolombia dan Tanzania berada di peringkat ketiga dan keempat dengan skor 7,16 dan 6,98.

Berikut daftar negara paling indah di dunia menurut Money.co.uk

1. Indonesia, (7,77)
2. Selandia Baru, (7,27)
3. Kolombia, (7,16)
4. Tanzania, (6,98)
5. Meksiko, (6,96)
6. Kenya, (6,7)
7. India, (6,54)
8. Prancis, (6,51)
9. Papua Nugini, (6,39)
10. Komoro, (6,22) {kumparan}