Lepas Dahaga Gelar, Tim Bulutangkis Putri Indonesia Kembali Juara Setelah 14 Tahun

Tim putri Indonesia mengangkat trofi di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Ini merupakan pertama kalinya tim putri kembali merasakan gelar juara setelah 14 tahun.

Gregoria Tunjung cs bersua dengan Korea di partai final, Minggu (20/2) pagi WIB. Mereka menang 3-1 dalam pertandingan yang dihelat di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia.

Selain Gregoria, Putri Kusuma Wardani, dan ganda Nita Marwah/Lanny Mayasari juga meraih kemenangan. Hanya Febriana Kusuma/Amalia Pratiwi yang takluk dari wakil Korea.

Dengan kemenangan tersebut, tim putri Indonesia akhirnya merasakan gelar juara lagi setelah 14 tahun. Terakhir, tim putri merasakan kemenangan adalah SEA Games 2007.

Kala itu, tim putri Indonesia bertemu dengan Singapura di partai final yang dihelat di Wongchawalitkul University, Thailand. Dalam pertarungan sengit, para srikandi bulu tangkis Indonesia menang 3-2.

Sejak saat itu, tim putri Indonesia belum merasakan gelar juara lagi. Pada Asian Games 2018 hanya sampai semifinal, tahun berikutnya menjadi runner-up di SEA Games, lalu terhenti di perempat final Uber Cup 2020.

Bukan hanya itu, tim putri bulu tangkis Indonesia juga mencetak sejarah di BATC. Pasalnya, Gregoria Tunjung dan kolega menjadi juara untuk pertama kalinya sejak 2016.

Sebelumnya, capaian terbaik tim putri Indonesia di ajang BATC adalah pada edisi 2020. Kala itu, Indonesia menjadi runner-up setelah kalah 0-3 dari Jepang di final. {kumparan}