PAN, PKB dan Golkar Diprediksi Hengkang Dari Koalisi Jokowi

PAN, PKB dan Golkar Diprediksi Hengkang Dari Koalisi Jokowi Radar Aktual

Alotnya pembahasan siapa yang bakal jadi calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Joko Widodo (Jokowi) dinilai bisa menggoyahkan soliditas partai pendukung pemerintah. Tiga partai politik (Parpol) diprediksi hengkang meninggalkan Koalisi Jokowi.

“Kalau statement normatifnya semua dukung Jokowi. Tapi dilihat manuvernya, kalau di rangking, PAN, PKB, dan Golkar bisa meninggalkan koalisi, meski untuk Golkar peluangnya tipis,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, Jumat (13/7/2018).

Adi membeberkan, alasan tiga partai di atas berpotensi membelot dari barisan pendukung Jokowi. Rangking pertama partai yang dinilai bisa meninggalkan koalisi Jokowi adalah PAN. Adi mengatakan, sikap PAN selama ini lebih mencerminkan partai oposisi daripada sikap partai pemerintah.

Dalam berbagai kebijakan politik yang diambil Jokowi, PAN sering mengambil sikap berseberangan. “Kalau PAN memang lebih memilih jalur lain. Karena dari awal sikapnya lebih mencerminkan oposisi daripada sikap partai pemerintah,” ucap Adi.

Rangking kedua ada PKB. Adi mengatakan, sampai saat ini PKB belum melakukan deklarasi secara definitif mendukung Jokowi. Terlebih bila nanti proposal cawapres yang diajukan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, tak di setujui Jokowi, maka peluang untuk hengkang terbuka lebar.

Di urutan ketiga ada Golkar. Meski tipis kemungkinannya, Adi mengatakan pertemuan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono patut diperhitungkan.

Dengan gaya komunikasi politik tenang dan tidak meledak-ledak, kubu Jokowi tidak boleh meremehkan keinginan Golkar untuk memasangkan ketua umumnya sebagai cawapres di Pemilu mendatang.

“Tentu Golkar tidak nyaman bila capres atau cawapresnya bukan ketum mereka. Apalagi diambil dari profesional. Tapi ekspresi Golkar selalu cool dan dingin. Mungkin akan ada sikap resmi Golkar di last minute, saat masa pendaftaran pada 10 Agustus nanti,” ucap Adi.