News  

Dalam Setahun, Kekayaan Ketua MK Calon Adik Ipar Jokowi Naik 5 Kali Lipat Dari Rp.5 Miliar Jadi Rp.26 Miliar

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman mengalami peningkatan kekayaan selama setahun di tengah pandemi Covid-19. Kekayaan calon adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu meningkat lima kali lipat.

Hal itu terlihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) yang diajukan Anwar kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Anwar pada 11 Februari 2020 membukukan hartanya sebesar Rp 5 miliar untuk periodik 2019.

Pada tahun depannya, tepatnya 15 Maret 2021, kekayaan mantan asisten hakim agung di Mahkamah Agung (MA) itu mencapai Rp 26,4 miliar untuk periodik 2020.

Penambahan aset Anwar terlihat membengkak dari kas dan setara kas. Pada laporan 2020, pria yang pernah aktif di dunia teater itu tidak memiliki kas dan setara kas.

Namun, pada laporan 2021, Anwar membukukan kas dan setara kas sebesar Rp 20,6 miliar. Seperti diketahui, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman akan menikah dengan adik Presiden Jokowi, Idayati.

Jokowi memiliki tiga adik perempuan, salah satunya Idayati, yang sudah menjanda sejak suami pertamanya, Hari Mulyono, meninggal dunia pada 2018.

Beredar kabar kepulangan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu salah satunya karena menerima lamaran dari Ketua MK Anwar Usman kepada salah satu adiknya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sekaligus putra Jokowi membenarkan adanya rencana pernikahan itu. “Itu sudah tahu. Tanya yang bersangkutan, (jadwal pernikahan) aku ora ngerti (tidak tahu),” kata Gibran di Solo, Senin (1/3). {jpnn}