Ini Cara Menghemat Kuota Internet Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Cara menghemat kuota internet saat perjalanan mudik bisa menjadi pilihan pemudik untuk menghilangkan bosan selama perjalanan.

Pemudik bisa sepuas mungkin berselancar internet tanpa khawatir kehabisan kuota. Nah, berikut beberapa cara menghemat kuota internet saat perjalanan mudik:

1. Matikan pengunduhan file otomatis

Pengunduhan file otomatis bakal mengonsumsi kuota, sehingga bisa membuat boros pemakaian paket data. Untuk itu, tidak ada salahnya bila selama perjalanan mudik, pengunduhan file otomatis dihentikan segera.

2. Aktifkan data alerts dan limit

Fitur yang tersedia di semua tipe smartphone ini merupakan salah satu cara menghemat kuota internet saat perjalanan mudik. Fitur tersebut bisa menjadi pengingat pemakaian kuota, sehingga bisa membatasi penggunaan internet.

3. Matikan pembaruan aplikasi otomatis

Cara menghemat kuota internet selanjutnya yaitu mematikan pembaruan aplikasi otomatis. Pembaruan aplikasi tersebut secara tidak langsung akan mengupdate aplikasi dan memakan kuota internet.

4. Hindari pencadangan file dengan jaringan seluler

Semakin banyak file yang dicadangkan maka semakin banyak pula kuota internet yang dikonsumsi. Untuk menghemat, lakukan pencadangan file dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi saat tersedia.

5. Siapkan Maps Offline

Aplikasi seperti Google Maps tentunya menjadi pilihan pengguna untuk mencari rute alternatif. Namun, kuota yang digunakan cukup besar. Untuk itu, sebaiknya unduh Google Maps terlebih dulu. Caranya, siapkan rute jalan, download, dan lihat Maps secara offline. {sindo}