Tekuk Rangers Lewat Adu Penalti, Eintracht Frankfurt Jadi Juara Liga Europa

Eintracht Frankfurt mengalahkan Rangers dalam partai final Liga Europa 2021/22 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Spanyol, pada Kamis (19/5) dini hari WIB. Frankfurt jadi juara!

Skor 1-1 di waktu normal dan perpanjangan. Gol Rangers dicetak oleh Joe Aribo di menit 57. Gol Frankfurt dicetak oleh Rafael Borre di menit 69. Kemenangan Frankfurt ditentukan via adu penalti dengan skor akhir 5-4.

Starting XI Eintracht Frankfurt vs Rangers di final Liga Europa

Rangers XI: Allan McGregor; James Tavernier, Connor Goldson, Calvin Bassey, Borno Barisic, John Lundstram; Ryan Jack, Glen Kamara, Scott Wright, Ryan Kent, Joe Aribo.

Frankfurt XI: Kevin Trapp; Almamy Toure, Tuta, Evan N’Dicka; Ansgar Knauff, Djibril Sow, Sebastian Rode, Filip Kostic; Jesper Lindstroem, Daichi Kamada; Rafael Borre.

Sepanjang 15 menit pertama, Eintracht Frankfurt lebih agresif dengan melepas 3 tembakan. Peluang terbaik ada di menit 12 saat Kamada menggocek pemain Rangers untuk melepas tendangan, tetapi bola masih bisa ditepis McGregor.

Frankfurt mendapat peluang di menit 20. Knauff menusuk ke kotak penalti Rangers dan melepas tendangan akurat, bola bisa ditepis McGregor.

Rangers membuat peluang di menit 26. Aribo melepas tendangan dari luar kotak penalti, bola melebar tipis di pojok kiri bawah gawang Eintracht Frankfurt.

Rangers membuat peluang di menit 37. Lundstram melepas sundulan akurat dari umpan sepak pojok, bola masih bisa ditepis Trapp.

Frankfurt mendapat peluang di menit 48. Menerima umpan datar Kamada, Lindstroem berbalik badan dan melepas tendangan dari luar kotak penalti Rangers. Bola tipis melebar dari sisi kanan gawang.

Terjadi insiden di kotak penalti Rangers di menit 52. Goldson menjatuhkan Borre, wasit mengecek VAR, tetapi tak ada hadiah penalti buat Eintracht Frankfurt. Barangkali karena kontak antara dua pemain itu tak begitu parah.

Rangers mendapat peluang di menit 54. Kent yang tak terkawal di kotak penalti Frankfurt melepas tendangan keras, tetapi bola meluncur di samping kanan gawang.

Rangers mencetak gol di menit 57. Kesalahan sapuan yang dilakukan lini belakang Frankfurt sukses dimanfaatkan oleh Aribo untuk melepas tendangan yang berbuah gol. 0-1.

Eintracht Frankfurt nyaris mencetak gol di menit 59. Liendstrom menendang bola, bola tampak kena tangan Bassey, tetapi wasit tak anggap itu sebagai pelanggaran.

Frankfurt mendapat peluang di menit 67. Rode mendorong bola di kotak penalti Rangers, bola disambar Kamada, tetapi akurasinya masih melebar.

Eintracht Frankfurt mencetak gol di menit 69. Kostic melepas umpan datar silang, bola disambar dengan tendangan Borre jadi gol. 1-1.

Frankfurt menciptakan peluang di menit 77. Jens Petter Hauge (pengganti Lindstroem) melepas tembakan, tetapi bola gagal menemui jala Rangers.

Rangers membuat peluang di menit 85. Fashion Sakala (pengganti Wright) melepas tendangan akurat di kotak penalti Frankfurt, bola masih bisa ditangkap Trapp. Skor 1-1 bertahan hingga babak kedua usai, lanjut ke perpanjangan waktu.

Rangers membuat peluang di menit 94. Scott Arfield (pengganti Kamara) melepas tendangan dari luar kotak penalti, bola tipis di atas mistar Eintracht Frankfurt.

Semenit berselang, Frankfurt nyaris mencetak gol. Berawal dari blunder Bassey, Borre merebut bola dan membawanya ke kotak penalti Rangers. Ia melepas tendangan, bola bisa ditepis McGregor.

Peluang emas diraih Rangers di menit 118. Menerima umpan tarik datar di kotak penalti Frankfurt, Kent melepas tendangan jarak dekat, bola masih bisa dimentahkan Trapp. Tidak ada lagi gol tercipta, laga lanjut ke adu penalti.

Adu Penalti Eintracht Frankfurt vs Rangers di final Liga Europa
Rangers: James Tavernier – gol
Frankfurt: Christopher Lenz – gol
Rangers: Steven Davis – gol
Frankfurt: Ajdin Hrustic – gol
Rangers: Scott Arfield – gol
Frankfurt: Daichi Kamada – gol
Rangers: Aaron Ramsey – gagal (ditepis pakai kaki)
Frankfurt: Filip Kostic – gol
Rangers: Kemar Roofe – gol
Frankfurt: Rafael Borre – gol

(Sumber)