PAN Prediksi Pilpres 2024 Bakal Diikuti Lebih dari 3 Paslon

Eddy Soeparno saat menjadi narasumber dalam serial diskusi TERPOL Kang Kiflan bertajuk “KIB Tidak Dijual?” pada Selasa siang (7/6)/Repro

Partai Amanat Nasional (PAN) tidak merasa khawatir akan terbentuknya poros koalisi setelah Koalisi Indonesia Bersatu (PAN-Golkar-PPP) terbentuk.

Bahkan, PAN menyambut baik jika poros koalisi terbentuk lebih dari dua, yang nantinya akan menyuguhkan banyak pasangan calon (Paslon):

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN Eddy Soeparno saat menjadi narasumber dalam serial diskusi TERPOL Kang Kiflan bertajuk “KIB Tidak Dijual?” pada Selasa siang (7/6).

“Justru kita senang kalau memang ada lebih dari dua Paslon. Saya kira itu semakin banyak pilihan masyarakat yang mana itu justru lebih baik untuk masyarakat,” kata Eddy Soeparno.

Eddy menuturkan, hajatan lima tahunan dengan lebih dua Paslon pernah terjadi pada Pilpres 2004 dan Pilpres 2009. Menurutnya, hanya di Pilpres 2014 dan 2019 yang menyuguhkan Pemilu dengan dua Paslon kepada masyarakat.

Lebih jauh, Eddy Soeparno bahkan memprediksi perhelatan Pilpres 2024 nanti bisa memungkinkan lebih dari tiga Paslon. Itu antara lain melihat konstelasi politik yang terjadi dewasa ini.

“Jadi, menurut kami jika memang poros ada 3, bahkan ini kalau kita melihat konstelasi yang ada 4 Paslon pun bisa. Jadi, di atas kertas hal itu bisa terjadi,” tuturnya.

Atas dasar itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI fraksi PAN ini berharap pada Pilpres 2024 nanti bisa lebih dari dua Paslon. Pasalnya udah dua kali Pilpres masyarakat hanya disuguhkan dua Paslon.

“Ya betul. Kalau bisa kita hadirkan itu dari 2 dan menurut saya ini adalah opsi yang paling baik dan merupakan Pemilu yang berbeda dengan dua Pemilu sebelumnya.

Karena masyarakat akan antusias melihat adanya Paslon yang mereka bisa pilih,” pungkasnya.(Sumber)