News  

Agus Gumiwang Bantu dan Santuni Korban Gempa Sumenep

Agus Gumiwang Bantu dan Santuni Korban Gempa Sumenep Radar Aktual

Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan logistik kepada korban terdampak gempa di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumanep, Jawa Timur. Bantuan logistik berupa tenda gulung sebanyak 20, 50 tempat tidur lipat, 60 selimut, 60 paket sandang, 20 kasur, 20 foodware, dan enam tenda keluarga ini diberikan langsung Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, Kamis, (11/10/2018).

Selain itu Agus juga memberikan bantuan kepada ahli waris dari tiga korban yang meninggal dunia. “Mewakili pemerintah saya turut berduka cita atas bencana gempa bumi yang terjadi dini hari tadi. Kepada keluarga korban meninggal semoga diberikan kekuatan dan ketabahan. Dan kepada 24 warga mengalami luka-luka semoga segera pulih,” kata Mantan Anggota DPR RI Dari Fraksi Partai Golkar (FPG) ini.

Agus juga mengunjungi korban gempa yang dirawat di Puskesmas Gayam. Ia juga memonitor apa saja yang dibutuhkan masyarakat yang terkena gempa dan memastikan kebutuhan masyarakat di Sumenep terpenuhi dengan baik.

“Dengan kita hadir di tengah-tengah mereka, ada semangat untuk bangkit, ada perasaan tenang karena mereka tidak sendiri. Di saat yang sama pemerintah bekerja cepat dan tanggap menangani korban bencana,” paparnya.

Sebelumnya di hari yang sama, gempa bumi dengan berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali, Kamis, 11 Oktober 2018 pukul 01.57 pagi. BMKG melaporkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

Sebanyak tiga orang meninggal dunia dan 24 orang mengalami luka-luka. Dari jumlah tersebut 16 di antaranya tengah dirawat di Puskesmas Kecamatan Gayam. Gempa juga menyebabkan kerusakan rumah warga yakni 210 rumah di Kecamatan Gayam 31 rumah rusak ada di Kecamatan Nonggunong, Sumenep.