JK: Ketidakadilan Politik Akar Masalah Terorisme

JK: Ketidakadilan Politik Akar Masalah Terorisme Radar Aktual

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengatakan Indonesia mengutuk segala bentuk tindakan teror yang menyebabkan hilangnya nyawa dan kerusakan material. Bagi Indonesia, kata Wapres JK, terorisme ancaman bagi keamanan nasional dan internasional.

“Karenanya, kita harus memperkuat kerjasama untuk mengatasi ancaman ini,” tegasnya di KTT Asia-Europe Meeting (ASEM) ke-12 pada sesi Retreat di S9, Gedung Europa, Brussels, kemarin.

Selain itu, Wapres JK juga menekankan pentingnya mengatasi akar masalah penyebab terorisme dan radikalisme yang berasal dari ketidakadilan politik, ekonomi dan sosial serta ketidakpastian.

Seperti halnya kekerasan bersenjata dan intervensi militer secara sepihak. Kondisi ini, terang Wapres JK, secara sistematis mengikis kedaulatan suatu negara dan menghancurkan harapan suatu bangsa. “Itu semua menghasilkan tempat berkembang biak yang sempurna bagi radikalisme dan kekerasan,” paparnya.

Dengan demikian, harapan Wapres JK, mitra ASEM harus meningkatkan upaya untuk berbagi praktik-praktik terbaik dalam melawan terorisme. “Saya percaya bahwa konferensi tersebut adalah platform yang tepat untuk tujuan ini,” ucap kader senior Partai Golkar ini.

Sehingga kelanjutan konferensi tersebut akan memperkuat strategi anti terorisme di antara para mitra ASEM serta membuka peluang bagi upaya kerjasama konkret dalam perang melawan terorisme.

No Response

Leave a reply "JK: Ketidakadilan Politik Akar Masalah Terorisme"