News  

Dukung Puan Jadi Capres? Jokowi: Kalau Memang Ditafsirkan Begitu, Silakan Saja!

Presiden Jokowi bersama Ketua DPR Puan Maharani dan para pemimpin redaksi nasional minum air kelapa muda di area Ibukota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022).

Raut muka Ketua DPR Puan Maharani tampak bahagia. Dia selalu di samping Presiden Jokowi. “Kalau ditafsirkan saya mendukung Mbak Puan, silakan saja,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi memang mengajak Puan dalam kunjungan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022). Sejak masuk ke pesawat Kepresidenan, Jokowi dan Puan lebih banyak bersama.

Saat menuju IKN dari Bandara Balikpapan, Puan juga menemani Presiden Jokowi di mobil Land Cruiser RI 1. Begitu juga saat meninggalkan IKN.

“Cie, cie…,” goda beberapa pemred kepada Puan saat berada di samping Jokowi di dalam mobil sebelum meninggalkan IKN. Jokowi dan Puan tampak tersenyum dan melambaikan tangan. Puan maupun Jokowi memang memiliki hubungan yang akrab dengan para pemimpin redaksi.

Kunjungan Jokowi ke IKN dengan mengajak Puan, beberapa menteri dan para pemimpin redaksi media nasional berlangsung sangat cair. Presiden Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan secara gamblang tentang perkembangan pembangunan IKN.

Namun di sela-sela itu, kebersamaan Jokowi dan Puan memang menjadi perhatian khusus. Maklum, Puan yang merupakan salah seorang ketua DPP PDIP itu disebut akan dicalonkan jadi presiden 2024 oleh PDIP.

Selama ini, nama Puan selalu dibandingkan dengan Ganjar Pranowo yang memiliki elektabilitas lebih tinggi berdasarkan sejumlah survei.

Apakah sudah ada deal antara Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati untuk mengusung Puan sebagai capres? Apakah Jokowi mengajak Puan ikut serta ke IKN untuk memberi kode kepada publik untuk mengenalkan Puan?

“Kalau memang ditafsirkan begitu, boleh saja. Mbak Puan sudah dikenal. Semua sudah kenal,” jawab Jokowi santai. Puan yang berada di samping Jokowi, tampak senyum-senyum saja.

Jadi Pak Jokowi lebih mendukung Ganjar atau Puan? “Karena di sini tidak ada Pak Ganjar, ya saya gak bisa jawab,” kata Jokowi tersenyum.

Puan sendiri sudah terang-terangan menyampaikan PDIP akan mengusung capres, bukan cawapres. “Ya Capres dong. Masak PDIP cawapres,” ujar Puan percaya diri.

Siapa yang akan diusung PDIP sebagai capres, sampai saat ini memang belum ditentukan. Apakah Puan atau Ganjar.

Dalam Rakernas PDIP, Selasa (21/6/2022), Megawati sudah menegaskan dirinya punya hak prerogatif untuk menentukan calon presiden 2024. Mega berpesan, siapa saja kader PDIP yang bermanuver, sebaiknya keluar.(Sumber)