News  

Indonesia Pimpin Sesi Diskusi Union World Conference on Lung Health

Indonesia Pimpin Sesi Diskusi Union World Conference on Lung Health Radar Aktual

The Union menggelar World Conference on Lung Health ke-49 di gedung World Forum kota Denhaag, Belanda, 24-27 Oktober 2018 dengan tema “Declaring Our Rights: Social and Political Solutions”.

Salah satu delegasi dari Indonesia, dr. Merry Samsuri berkesempatan memimpin sesi diskusi poster (Poster Discussion Session) dengan tema “Active Case Finding” pada Jumat, 26 Oktober 2018.

Project Manager untuk Challenge TB – FHI360/USAID ini memimpin koleganya untuk mempresentasikan posternya masing-masing. Mereka berasal dari negara Asia-Afrika, yaitu Afghanistan, Ethiopia, Korea, India, Kenya, Myanmar, Nigeria, Rwanda dan Uganda.

Menurut Merry, banyak ide dan dinovasi yang dipresentasikan di sesi yang dipimpinnya itu dapat dijadikan contoh bagi program TB di Indonesia, untuk menutup celah ‘missing cases’ TBC.

Dua diantata poster yang menarik terkait penemuan kasus TB secara aktif pada populasi yang sulit dijangkau di daerah kumuh perkotaan, melibatkan penjual obat memberikan pendampingan bagi masyarakat.

Berikutnya, adalah tentang dukungan dari outreach worker atau petugas penjangkau melakukan skrining TB pada populasi kunci HIV.