Tekno  

Waspada! Ini Tips Hindari Penipuan Olshop Bodong di Instagram

Penipuan berkedok online shop (olshop) semakin merajalela di media sosial Instagram . Dengan iming-iming harga murah, mereka terus berupaya menjaring banyak korban.

Mengingat sulit untuk membedakan mana olshop asli dan mana yang palsu, setiap harinya pasti ada saja masyarakat yang tertipu saat berbelanja lewat platform Instagram.

Tidak sedikit dari mereka yang merugi dengan jumlah besar. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan masyarakat agar lebih waspada.

Lewat aku Instagram-nya, Kominfo membagikan tips menghindari olshop palsu. Berikut ini adalah tips-tipsnya, seperti dilansir dari akun Instagram Kominfo, Minggu (3/7):

1. Cek kolom komentar. Kalau kolom komentarnya dinonaktifkan berarti ada sesuatu yang ditutup-tutupi oleh akun tersebut.

2. Cek informasi akun. Bisa kunjungi profil akun olshop > klik “Tentang Akun” atau “About This Account” > Pilih“Nama Sebelumnya” atau “Former Usernames”. Jika akun olshop sering berganti nama, wajib dicurigai.

3. Jangan langsung tergiur harga murah yang tidak masuk akal. Bisa jadi barang yang dijual ‘gaib’ alias tipu-tipu.

4. Cek followers. Akun olshop dengan followers banyak bukanlah sebuah jaminan akun tersebut asli. Bisa jadi followersnya banyak yang palsu. Jadi pikir-pikir dulu sebelum membeli. Itulah beberapa tips agar terhindar dari penipuan berkedok akun olshop. Semoga bermanfaat.

(Sumber)