Sikat Thailand 2-0, Laos Tantang Malaysia di Final Piala AFF U19

HASIL Timnas Laos U-19 vs Timnas Thailand U-19 di semifinal Piala AFF U-19 2022 sudah diketahui. Timnas Laos U-19 sukses menembus babak final Piala AFF U-19 2022 usai menyikat Thailand dengan skor 2-0.

Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (13/7/2022) malam WIB, dua gol Timnas Laos U-19 dalam laga ini dicetak oleh Peteer Phanthavong (8′) dan Damoth Thongkhamsvath (85′).

Hasil ini membuat Timnas Laos U-19 melenggang ke final. Mereka akan berhadapan dengan Timnas Malaysia U-19 pada Jumat 15 Juli 2022.

 

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Thailand U-19 langsung mendapatkan peluang pada menit kelima melalui tendangan Phanthamit Praphanth. Akan tetapi, kiper Timnas Laos U-19, Phounix Xayyasone, dengan sigap melakukan penyelamatan.

 

Meski mendapat tekanan dari para pemain Timnas Thailand U-19, Timnas Laos U-19 berhasil unggul terlebih dahulu pada menit kedelapan.

Tendangan tidak terlalu keras yang dilakukan oleh Peteer Phanthavong gagal diamankan oleh kiper Timnas Thailand U-19, Narongsak Naengwongsa. Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Laos U-19.

Pada menit ke-16, bek Timnas Laos U-19 melakukan kesalahan sehingga membuat Timnas Thailand U-19 memiliki peluang untuk menyamakan skor. Namun, Thanawut Phochai gagal memanfaatkan peluang tersebut usai tendangannya melambung tinggi.

Tertinggal, para pemain Timnas Thailand U-19 terus bermain menyerang. Namun, dengan sigap para pemain Timnas Laos U-19 berhasil menunjukkan pertahan apik untuk menghentikan tim lawan mencetak gol penyeimbang.

Hingga menit ke-44, Timnas Thailand U-19 masih kesulitan untuk menembus rapatnya pertahanan Timnas Laos U-19. Alhasil, Timnas Laos U-19 masih memimpin 1-0 atas Timnas Thailand U-19.

Babak Kedua

Di babak kedua, Timnas Thailand U-19 lebih aktif menyerang demi mengejar ketertinggalannya. Namun, usaha demi usaha yang dilancarkan Timnas Thailand U-19 gagal berbuah manis.

 

Kiper Timnas Laos U-19, Phounix Xayyasone, benar-benar bekerja luar biasa dalam laga ini. Dia bisa menggagalkan banyak sekali ancaman berbahaya yang datang ke gawangnya.

Kemelut terjadi di depan gawang Timnas Laos U-19 pada menit ke-78. Ancaman berbahaya datang ke gawang Timnas Laos U-19 dari upaya serangan balik cepat Timnas Thailand U-19.

Namun, bola kencang yang dilepaskan pemain Timnas Thailand U-19 masih bisa dihalau oleh bek Timnas Laos U-19.

Namun, ancaman Timnas Thailand U-19 tak berhenti sampai di situ. Bola mentahan mampu disambut oleh Winai Aimoat.

Namun, Phounix Xayyasone kembali menunjukkan ketangguhannya dengan melakukan penyelamatan ciamik. Timnas Thailand U-19 masih gagal menyamakan kedudukan.

Jelang berakhirnya laga, Timnas Laos U-19 berhasil menggandakan keunggulannya. Ialah Damoth Thongkhamsvath yang berhasil membobol gawang Timnas Thailand U-19 lewat tendangan keras nan terukurnya dari sisi kiri gawang. Skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Laos U-19.

Skor tak berubah hingga akhir laga. Timnas Laos U-19 pun lolos ke final, menyusul Timnas Malaysia U-19 yang sudah lebih dahulu ke final usai menumbangkan Timnas Vietnman U-19.

 

Timnas Laos U-19: Phounix Xayyasone; Phoutthavong Sangvilay, Anataza Siphongphan, Chanthavixay Khounthoumphone, Khosesavanh Keonuchanh, Sayfon Keohanam, Phonsack Seesavant, Peeter Phanthavong, Damoth Thongkhamsavant, Saleunxay Phommavong, Vongsakda Chanthaleuxay.

Pelatih: Hans Michael Weiss.

Timnas Thailand U-19: Narongsak Naengwongsa; Thawachai Inprakhon, Theekawin Chansri, Chanapach Buaphan, Sittha Boonlha, Kakana Khamyok, Seksa Ratree, Bukkorre Lemdee, Thanawut Phochai, Phanthamit Praphanth, Nattakit Busting.

Pelatih: Salvador Valero Garcia.(Sumber)