News  

Pangi Syarwi Chaniago: Ganjar Pranowo Bakal Terpental Jika Maju Pilpres Tidak Lewat PDIP

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diprediksi akan tetap memilih partainya ketimbang diusung koalisi parpol lain.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Reseach and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan, sejauh yang ia cermati Ganjar belum pernah hadir di acara partai apapun. Termasuk saat diundang dia memilih tidak hadir.

“Itu mungkin salah satu cara beliau (Ganjar) menjaga apa maksud politiknya bahwa ini dia tidak mau ingin tergesa gesa, grasak grusuk atau ya istilahnya bu mega terlalu berambisi,” ujarnya dalam diskusi bertajuk “Ganjar Bakal Tumbang Jika Keluar Kandang?” di Bakoel Koffie Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (10/8).

Menurut Pangi, ketidakhadiran itu ditengarai untuk menghormati fatsoen politik yang ada, dan bagian dari konsistensinya sebagai kader PDIP.

Lebih lanjut Pangi menilai, jika Ganjar memaksakan diri menuruti hasrat politiknya untuk menerima pinangan koalisi yang dibentuk Parpol lain, maka hal ini bisa berakibat fatal bagi Ganjar di 2024.

“(Ganjar) tidak mau mengambil partai lain untuk bergabung dengan partai lain sejauh ini, mungkin ya risiko lain beliau di injury time atau last minute tidak diusung oleh PDIP pun mungkin beliau bakal siap tidak akan maju, walaupun momentumnya ada diusung oleh partai lain lewat KIB,” beber Pangi.

Pangi menuturkan, berkaca pada data yang dimiliki lembaganya bahwa secara inter subyektif tingkat elektabilitas figur bakal Capres tak sebanding dengan identitas partai (Sumber.)