Timnas Belanda Gagal Lolos ke Piala Dunia U20, Justin Hubner Bersedia Bela Timnas Indonesia

TIMNAS Belanda gagal lolos ke Piala Dunia U-20 2023, Justin Hubner bersedia bela Timnas Indonesia U-20. Ya, kabar itu dikonfirmasi langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/9/2022).

Dalam kesempatan itu Mochamad Iriawan menyebut ada dua pemain naturalisasi yang bakal membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Kedua pemain yang dimaksud itu adalah Ivar Jenner dan Justin Hubner.

 

“Ada dua nama yang sudah siap bergabung, lima lagi sedang dalam penjajakan,” ucap Mochamad Iriawan kepada awak media, di Jakarta.

Pada kesempatan itu pula, pria yang akrab disapa Iwan Bule memperlihatkan dokumen berisikan nama dan biodata dari Ivar Jenner dan Justin Hubner. Nama terakhir yang disebutkan merupakan pemain yang bermain untuk tim Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Justin Hubner memiliki darah keturunan Indonesia dan saat ini berusia 18 tahun. Ia pun sebelumnya pernah membela Timnas Belanda U-20. Namun, diketahui tim Negeri Kincir Angin itu gagal melaju ke Piala Dunia U-20 tahun depan.

 

Sekadar informasi, Timnas Belanda U-20 telah gagal lolos dari Kualifikasi Piala Dunia U-20 2023. Kekalahan mereka dari Serbia dengan skor 1-2, Norwegia 1-1, dan Ukraina 1-2, membuat tim muda dari De Oranje itu tak bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023. Praktis ketika itu, Justin Hubner yang punya cita-cita mentas di Piala Dunia U-20, harus merelakan mimpinya.

Akan tetapi, mimpi Justin Hubner ternyata masih bisa terealisasi. Ya, seperti yang sudah disinggung, Justin Hubner bersedia menerima pinangan PSSI untuk dinaturalisasi. Dengan begitu Justin Hubner bakal diproyeksikan bermain bersama Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-20 punya nasib lebih baik ketimbang Timnas Belanda U-20. Skuad Garuda Nusantara dipastikan mentas di Piala Dunia U-20 2023, dengan status tuan rumah.

Meski sudah dikonfirmasi langsung Ketum PSSI, Justin Hubner masih harus mengikuti rangkaian proses naturalisasi. Berhubung Piala Dunia U-20 2023 masih baru dimulai pertengahan Mei 2023 mendatang, PSSI masih punya waktu lama untuk mengurus pemberkasan naturalisasi Justin Hubner.(Sumber)