Bantah Tudingan PSSI, Jakpro: JIS Kelas Dunia dan Sudah Sesuai Standar FIFA

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) angkat suara usai PSSI menyebut Jakarta International Stadium (JIS) tak sesuai standar FIFA.

Jakpro menepis anggapan tersebut dan mengatakan bahwa stadion yang mereka bangun adalah stadion kelas dunia berstandar FIFA.

Jakpro juga menjelaskan bahwa JIS dirancang oleh konsultan pelaksana asal Inggris, Buro Happold. Ia adalah pihak yang turut merancang stadion megah di London, yakni Tottenham Hotspur.

PT Jakarta Propertindo [Jakpro] melalui amanah yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sebagaimana yang tertuang dalam Pergub no 14 tahun 2019, telah menyelesaikan stadion kelas dunia berstandar FIFA,” bunyi keterangan Jakpro dalam rilis yang diterima kumparan, Jumat (9/9).

”JIS dirancang oleh Buro Happold, konsultan perencana dari Inggris yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion-stadion sepak bola modern di Liga Inggris, seperti Tottenham Hotspur Stadium di London serta perancangan beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022,” lanjut keterangan itu.

PSSI memastikan partai Timnas Indonesia vs Curacao tidak akan digelar di JIS. PSSI beralasan JIS tidak sesuai standar FIFA sehingga tidak bisa dipakai untuk menggelar FIFA Matchday.

‘’Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Matchday yang mengundang animo penonton sangat banyak, maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25% – 50% – 75% – 100% dari perhitungan maximum safety capacity,’’ kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam keterangan resminya, Jumat (9/9).

”Di samping itu, terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur. Nah, kalau kita paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA,’’ tandasnya.

Timnas Indonesia akan melawan Curacao pada September ini dalam dua pertandingan yang masuk dalam kalender FIFA. Laga pertama sudah dipastikan akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), sementara pertandingan kedua akan berlangsung di Stadion Pakansari, Kab. Bogor atau Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.(Sumber)