Ini Desain Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Tuan Rumah MotoGP Indonesia

Sirkuit Jalan Raya Mandalika akan menggelar MotoGP Indonesia mulai tahun 2021. Seperti apa layout lintasan yang akan jadi kebangaan Indonesia itu?

Seperti diberitakan sebelumnya, Mandalika terpilih menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia mulai 2021. Wilayah di Lombok tersebut mengalahkan Sirkuit Sentul dan Palembang yang sebelumnya juga jadi kandidat.

Diungkapkan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, Sirkuit Mandalika akan merupakan sirkuit jalan raya. Sampai musim ini, belum ada tuan rumah MotoGP yang memakai sirkuit jalan raya.

Dalam layout desain sirkuit yang diterima detikSport, dijelaskan kalau Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/finis.

Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan. Belum diketahui apakah arah putaran sama dengan jarum jam atau justru berkebalikan. Beberapa sirkuit MotoGP yang arah putarannya berkebalikan dengan jarum jam adalah Austin, Aragon, dan Phillip Island.

Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton. [detik]