MotoGP  

Aprilia Racing Resmi Perpanjang Kontrak Lorenzo Savadori Hingga MotoGP 2023

Tim Aprilia Racing tampaknya puas dengan kinerja pembalap penguji mereka, yakni Lorenzo Savadori. Tak heran jika pada akhirnya Aprilia memutuskan untuk memperpanjang Savadori sebagai pembalap tes tersebut hingga setahun ke depan alias sampai MotoGP 2023.

Pengumuan mengenai perpanjangan kontrak Savadori disampaikan Aprilia lewat laman resmi mereka pada Senin (10/10/2022). Dalam situs tersebut disebutkan bahwa rider yang berasal dari Negeri Pizza itu merupakan bagian integral dari proyek perkembangan Aprilia di MotoGP.

“Lorenzo Savadori akan kembali menjadi test rider Aprilia di musim 2023. Pembalap asli Cesena ini merupakan bagian integral dari proyek Aprilia Racing di MotoGP dan akan melanjutkan pekerjaan pengembangannya di RS-GP yang mencakup seluruh program pengujian resmi dan pribadi, serta serangkaian balapan wild-card di Kejuaraan Dunia,” tulis pernyataan Aprilia, Senin (10/10/2022).

 

Sebagai pembalap penguji, Savadori bakal mengikuti perkembangan semua produk ‘track ready’ dari tim yang berbasis di Noale itu. Contohnya adalah motor tipe RSV4 Xrenta, yang dibuat agar tidak hanya punya performa motor balap, tetapi juga perasaan dan teknologi kuda besi sejati.

Pada musim ini, Savadori punya andil besar sebagai pembalap penguji Aprilia dalam perkembangan performa RS-GP yang luar biasa di bawah kendali Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Data yang dikumpulkannya saat tes membantu kedua pembalap tersebut lebih memahami lagi soal kuda besi yang mereka tunggangi.

Hasilnya, Espargaro berhasil meraih enam podium musim ini dan masih bisa bertambah dengan adanya tiga balapan tersisa. Dia juga memberikan kemenangan pertama bagi Aprilia di kelas MotoGP pada balapan di Argentina awal tahun ini.

Pembalap asal Spanyol itu pun masih punya peluang untuk meraih gelar juara MotoGP 2022. Sebab, dia hanya terpaut 20 poin saja dari sang pemuncak klasemen, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Sementara Vinales, penampilannya makin membaik di paruh kedua musim ini meski sempat kesulitan di awal musim. Dia berhasil naik podium tiga kali dan duduk di posisi 10 klasemen dengan torehan 122 poin.

Terlebih lagi, musim depan Aprilia bakal memiliki tim satelit bersama RNF yang diisi oleh Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Alhasil, Savadori memiliki tugas tambahan dan juga bakal sangat dibutuhkan untuk mengumpulkan data bagi mereka.(Sumber)