News  

Sebelum Pensiun, Anies Baswedan Resmikan 100 Taman Maju Bersama

Empat hari jelang purna tugas, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan 100 Taman Maju Bersama (TMB).
Anies mengatakan, TMB bertujuan untuk menghadirkan kesetaraan dan rasa kebersamaan dalam ruang interaksi.

“Ini adalah ruang bersama masyarakat, misalnya transportasi umum, trotoar, dan taman, itu adalah ruang ketiga di mana warga berinteraksi dan beraktivitas bersama,” kata Anies di Taman Maju Bersama Delonix, Kel. Pekayon, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Rabu (12/10).

Anies menjelaskan, prinsip ruang ketiga adalah ruang yang memberikan perasaan kesetaraan, kebersamaan, dan ruang yang memungkinkan antarwarga ada interaksi yang positif.

Dalam proses pembangunannya, TMB dikerjakan dengan pola kebutuhan masyarakat yang sudah ditampung dan dimasukkan ke dalam proses perancangan. Dalam proses perancangan, warga pun turut terlibat.

“Kami berharap ruang ketiga ini mampu mempersatukan masyarakat Jakarta dan itulah prinsip di balik TMB,” jelasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berpesan kepada yang mengelola TMB agar warga, khususnya anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas dan bermain sesuai dengan usianya.

“Alhamdulillah tim Dinas Pertamanan dan Hutan Kota telah berhasil melampaui target yang semula 86 taman, kini tercapai 100,” pungkas Anies.

Adapun 100 TMB yang telah terbangun tersebar di Jakarta Utara sebanyak 17 TMB; Jakarta Barat 17 TMB; Jakarta Selatan 28 TMB; dan Jakarta Timur 38 TMB.(Sumber)