Rehan/Lisa Jadi Satu-satunya Wakil Indonesia di Semifinal French Open 2022

Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, menjadi satu-satunya wakil Tanah Air yang lolos ke semifinal French Open 2022. Mendapati hal ini, Rehan/Lisa pun bersyukur dan juga menjadikannya ajang pembuktian bahwa sektor ganda campuran mulai bangkit.

Rehan/Lisa memastikan diri lolos ke semifinal usai menang di perempatfinal French Open 2022 pada Sabtu (29/10/2022) dini hari WIB. Bermain di Stade Pierre de Coubertin, Paris, mereka mengandaskan wakil tuan rumah, Thom Gicquel/Delphine Delrue, dengan skor 14-21, 21-15, dan 21-17.

Ini merupakan prestasi baru bagi Rehan/Lisa karena untuk pertama kalinya bisa melaju ke semifinal ajang BWF Super 750. Terlepas dari capaian individu tersebut, Rehan/Lisa lebih terharu karena membawa sektor ganda campuran yang sejauh ini kerap menjadi perbincangan.

“Kami memberikan bukti bahwa ganda campuran Indonesia, semua pemain ganda campuran, sebenarnya tidak kalah dengan pasangan lawan. Sekarang tinggal hanya menambah komunikasi dan fokusnya di lapangan,” ucap Rehan, dikutip dari rilis PBSI, Sabtu (29/10/2022).

“Saya hari ini terharu banget, terlebih karena selama ini ganda campuran menjadi bahan pembicaraan. Hari ini kami memberikan pembuktian, bahwa kami ternyata sebenarnya bisa,” sahut Lisa.

Seperti diketahui, sektor ganda campuran belum menunjukkan prestasi signifikan dalam beberapa waktu terakhir. Apalagi setelah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pensiun.

Sempat ada harapan besar di sektor ini tatkalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti memberikan prestasi demi prestasi. Namun, pasangan ini baru saja keluar dari Pelatnas pada awal 2022. Mereka tak bisa bermain bersama di banyak ajang musim ini karena Praveen cedera.

Pelatnas pun kini mengandalkan pemain-pemain muda di sektor ganda campuran. Selain Rehan/Lisa, kuota di ganda campuran pelatnas Indonesia diisi oleh Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, hingga Zachariah Josiahno Sumanti. Sejauh ini, peringkat teratas dimiliki Rinov/Pitha dengan menduduki ranking 16 dunia.

Adapun Rehan/Lisa, mereka menempati peringkat ke-30. Dengan kesempatan tembus semifinal di ajang Super 750 ini, Rehan/Lisa berpeluang menambah poin untuk mereka dan naik peringkat. {sumber}