Kualifikasi MotoGP Qatar, Vinales Pole Dikuntit Dovizioso dan Marquez

Pole position pertama MotoGP 2019 jadi milik pebalap Yamaha, Maverick Vinales. Dia mengungguli Andrea Dovizioso dan Marc Marquez.

Pada sesi kualifikasi MotoGP Qatar yang dihelat di sirkuit Losail, Sabtu (9/3/2019) malam WIB, Vinales tampil prima sedari Q2 dimulai. Dia langsung mencatatkan waktu 1 menit 53,844 detik.

Marquez coba mengalahkan waktu Vinales tapi usahanya sia-sia. Vinales malah menajamkan lagi catatan waktunya di kesempatan keduanya melintasi sirkuit dengan 1 menit 53,546 detik dan tak bisa dilampaui para pebalap lain.

Marquez pada kesempatan terakhir sebenarnya ingin melewati catatan waktu Vinales tapi usahanya gagal dan harus puas di posisi ketiga dengan 1 menit 53,745 detik. Ada di antara Vinales dan Marquez adalah Dovizioso di posisi kedua.

Di urutan keempat ada pebalap Pramac Ducati Jack Miller dan menyusul debutan asal Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo di posisi kelima. Berurutan mengisi posisi 10 besar adalah Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, Franco Morbidelli, dan Takaaki Nakagami.

Dua mantan juara dunia, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, tampil buruk di sesi kualifikasi dan harus start di luar sepuluh besar. Rossi di posisi ke-14 sementara Lorenzo setingkat di bawahnya. Lorenzo bahkan sempat mengalami crash di awal Q1 dan itu menghambat lajunya.

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar

Kualifikasi MotoGP Qatar: Vinales Pole, Marquez Ketiga

[detik]