Gol Kontroversial Jepang Singkirkan Jerman dan Ajak Spanyol ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Bagi yang masih meragukan kemampuan Jepang di Piala Dunia 2022, tampaknya harus segera membuang jauh ketidakyakinan tersebut. Faktanya, Jepang sukses membuat dua juara Piala Dunia menunduk di hadapan mereka.

Usai mengejutkan publik dengan mengalahkan Jerman di laga pembuka, kali ini tim Samurai Biru melanjutkan kejutan mereka dengan menaklukkan salah satu tim favorit Spanyol, Jumat dinihari WIB (2/12), di Khalifa Stadium, Doha.

Spanyol terlihat akan melalui fase grup tanpa kekalahan ketika Alvaro Morata sudah menjebol gawang Jepang pada menit 11. Gol ini rupanya memicu adrenali pasukan Samurai Biru untuk tampil lebih garang pada babak kedua.

Saat konsentrasi Spanyol belum siap, Jepang sudah melakukan serangan cepat mengandalkan kecepatan penyerang mereka. Dan 2 gol penentu pun lahir dalam kurun 3 menit.

Pertama dicetak Ritsu Doan pada menit 48 melalui sebuah tendangan jarak jauh. Disusul sontekan Ao Tanaka melanjutkan umpan Kaoru Mitoma.

Gol kedua Jepang ini terasa kontroversial. Bagi penonton yang menyaksikan rekaman ulang dari televisi, bola yang diumpan Mitoma terlihat sudah melewati garis lapangan.

Namun, bagi wasit Victor Gomes yang dibantu tayangan VAR memastikan bola masih sedikit berada di atas garis lapangan. Sehingga ia pun mensahkan gol Jepang tersebut.

Hal ini diperkuat oleh sensor yang ada di dalam bola yang memastikan bahwa bola belum sepenuhnya keluar lapangan.

Meski kemudian mengurung habis-habisan Jepang di sisa menit pertandingan, Spanyol tak mampu mencetak gol. Hanya mampu mengumpan dan mengumpan.

La Furio Roja baru bisa mempunya peluang saat laga sudah memasuki tambahan waktu babak kedua. Namun dua peluang yang didapat gagal dilanjutkan menjadi gol.

Meski kalah, Spanyol tetap melaju ke babak 16 besar. Menemani Jepang yang tampil sebagai juara Grup E.

Hasil ini pula yang menegaskan Jerman kembali angkat kaki lebih cepat dalam dua edisi Piala Dunia berturut-turut.(Sumber)