Jadi Pebulutangkis Pria Terbaik 2022, Viktor Axelsen: Ini Sangat Berarti, Banyak Nominasi Hebat

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen, menjadi pebulu tangkis pria terbaik 2022. Dia pun menyambut penghargaan ini dengan sukacita karena banyak nominasi hebat yang memperebutkan gelar itu.

Ya, Axelsen berhasil menyabet gelar pebulu tangkis pria terbaik alias Male Player of The Year 2022 dari BWF. Penghargaan tersebut diberikan pada Senin 5 Desember 2022 malam WIB dalam acara gala dinner menjelang BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok, Thailand.

Axelsen dipilih menjadi yang terbaik berkat penampilan sensasionalnya sepanjang tahun ini ini. Dia berhasil mengoleksi tujuh gelar, termasuk menjadi juara dunia 2022.

Pemain ranking satu dunia itu mengalahkan nominator lainnya. Ada jagoan Malaysia, Lee Zii Jia dan juara dunia 2021 asal Singapura, Loh Kean Yew.

Menurutnya, penghargaan pemain terbaik tersebut sangat berarti. Sebab, Axelsen bisa mengalahkan dua pemain hebat tersebut, sekaligus melengkapi kesuksesannya pada tahun ini.

“Memenangkan penghargaan ini di akhir tahun, sangat berarti. Ini adalah rekap sepanjang tahun, dan ketika Anda memenangkan penghargaan ini dengan begitu banyak nominasi hebat dan lawan yang luar biasa, saya sangat-sangat senang,” kata Axelsen, dilansir dari laman resmi BWF, Selasa (6/12/2022).

“Terima kasih banyak kepada semua orang yang menganggap saya pantas mendapatkan ini. Saya benar-benar senang,” tambahnya.

Ya, pemain berusia 28 tahun itu memang sangat pantas menyabet gelar pebulu tangkis pria terbaik tahun ini. Sebab, Axelsen hampir bisa menyapu bersih seluruh turnamen yang diikutinya dengan kemenangan.

Ada tujuh gelar dari 11 turnamen yang diikutinya selama 2022. Gelar itu diraih di ajang All England, Kejuaraan Eropa, Indonesia Masters, Indonesia Open, Malaysia Open, Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis, dan French Open.

Bahkan, pemain kelahiran Odense itu berhasil mencatatkan 39 kemenangan beruntun tahun ini. Rekor tersebut diputus oleh Loh Kean Yew saat keduanya berjumpa di perempatfinal Denmark Open 2022 pada akhir Oktober 2022.

Viktor Axelsen

Sebelumnya, Axelsen hanya mampu dikalahkan oleh wakil India, Lakshya Sen, pada semifinal German Open 2022. Jadi secara keseluruhan, dia hanya kalah dua kali tahun ini, sedangkan di beberapa turnamen yang gagal dijuarainya, dia mundur karena masalah cedera.

Axelsen pun berpeluang menutup tahun ini dengan tambahan satu gelar lagi di ajang BWF World Tour Finals 2022. Dia akan memulainya dengan melakoni tiga laga di Grup A melawan Prannoy H.S. (India), Kodai Naraoka (Jepang), dan Lu Guang Zu.(Sumber)