Tekno  

SEO, Strategi Marketing Digital Yang Murah Meriah

Search engine optimization (SEO) mungkin belum terlalu dikenal oleh publik. Padahal, jika dimanfaatkan, SEO bisa menjadi strategi marketing yang relatif lebih murah dibanding strategi pemasaran lainnya.

Hal ini pun yang menjadi fokus di SEO Conference 2019 yang diselenggarakan Komunitas Gue Founder dan Toffee Institute. Tapi menurut CEO ToffeeDev, Ryan Kristomuljono, tidak semua strategi SEO bisa diterapkan oleh bisnis yang mengharapkan hasil yang tahan lama.

Ryan menjelaskan ada tiga strategi SEO yang biasa digunakan, yaitu black hat, grey hat dan white hat. Menurutnya, dari tiga strategi tersebut hanya strategi grey hat dan white hat yang bisa digunakan untuk hasil optimal.

“Kenapa black hat nggak boleh? Karena cepat naiknya, hilangnya juga cepat,” kata Ryan saat membuka SEO Conference 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

“Pada saat kita melakukan black hat SEO mungkin dua minggu kita ada di halaman pertama. Setelah itu tiga minggu hilang dari permukaan Google,” sambungnya.

Untuk itu, Ryan menyarankan penggunaan strategi white hat SEO. Tapi, ia mengakui bahwa strategi ini akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membawa situs menuju halaman pertama Google.

Walaupun begitu, Ryan mengatakan bahwa strategi ini bisa didorong untuk memberikan hasil yang lebih cepat. Dan strategi ini nantinya akan dibagikan oleh 12 ahli SEO yang akan berbicara di SEO Conference 2019.  [detik]