News  

12 Tahun Jadi Kontributor, TVRI Tak Tahu Itu Umbaran Wibowo Intel Polisi

TVRI angkat bicara soal Iptu Umbaran Wibowo yang dilantik menjadi Kapolsek Kradenan, Blora, Jawa Tengah (Jateng), pada Senin (12/12) kemarin. Umbaran sebelumnya bekerja sebagai wartawan di TVRI Jateng.

Dirut TVRI Iman Brotoseno mengatakan, Umbaran merupakan kontributor TVRI Jawa Tengah sejak tahun sekitar 2012. Umbaran bekerja selama 12 tahun, dan dinilai tak pernah bermasalah dalam bertugas.

Namun, dalam periode waktu itu, TVRI mengaku tak tahu Umbaran adalah anggota polisi.
“TVRI Jawa Tengah benar-benar tidak tahu kalau saudara Umbaran adalah anggota intel,” Iman Brotoseno, Rabu (14/12).

“Selama menjadi kontributor memang tidak ada kewajiban untuk hadir setiap hari di kantor. Dia bisa mengirim berita dari mana saja,” sambungnya.

Menurut Iman, Umbaran memang bukan pegawai tetap di kantornya, dan tak ada keterikatan, hanya kontrak lepas. Sebab, dia hanya sebagai kontributor berita.

“Sehingga proses rekruitmen tidak seketat untuk pegawai tetap,” jelasnya.

“Berkaitan dengan TVRI tidak ada yang dirugikan, dalam menjalankan profesinya sebagai kontributor di jalankan dengan baik. Berita berita yang dikirim kontributor umumnya juga harus melewati seleksi redaksi di stasiun masing masing. Jadi tidak otomatis ditayangkan,” sambungnya.

Penjelasan Polda Jateng
Sementara itu, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy mengatakan, Iptu Umbaran merupakan seorang anggota Polri dan pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jateng, namun bukan sebagai pegawai tetap.

“Benar, pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jateng untuk wilayah Pati. Dia bukan pegawai tetap TVRI,” ujar Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/12).

Iptu Umbaran juga pernah bertugas di Blora.
“Dia pernah ditugaskan melaksanakan tugas intelijen di wilayah Blora,” kata Iqbal.(Sumber)