Ada Nama Sergio Aguero Dalam 23 Pemain Timnas Malaysia Untuk Piala AFF 2022

DAFTAR 23 pemain Timnas Malaysia untuk Piala AFF 2022 sudah dirilis. Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon tidak menyertakan sang pemain naturalisasi, Dion Cools, tapi membawa “pemain asing” lainnya yakni Lee Tuck dan Sergio Aguero.

Skuad Harimau Malaya –julukan Malaysia– tergabung di Grup B Piala AFF 2022 bersama Vietnam, Myanmar, Laos dan Singapura. Sesuai jadwal, Malaysia melakoni laga perdana di Piala AFF 2022 dengan bertandang ke markas Myanmar.

Laga itu dihelat di Thuwunna Stadium, Yangoon pada Rabu 21 Desember 2022. Usai melakoni dua partai uji coba, skuad asuhan Kim Pan-gon pun berangkat ke Yangoon, Myanmar pada Senin, 19 Desember 2022.

Dari daftar pemain yang dirilis, Malaysia akan beraksi di Piala AFF 2022 dengan skuad pincang. Malaysia tidak diperkuat lima pemain pilar, yakni Azri Ghani, Kogileswaran Raj, Ramadhan Saifullah, Aliff Izwan Yuslan dan Dion Cools.

Absennya nama terakhir menjadi pukulan telak bagi Timnas Malaysia. Sebab, Dion Cools merupakan bek naturalisasi yang perannya amat vital di lini belakang Timnas Malaysia.

Sejak dinaturalisasi pada 2021, pemain yang pernah tampil di Liga Champions itu tampil sebanyak 12 kali dan mencetak satu gol. Mengutip dari Makan Bola, Jumat (16/12/2022), Dion Cools dicoret dari skuad Malaysia karena alasan pribadi.

Belum jelas detail mengenai urusan pribadi yang dimaksud. Dion Cools kini membela klub Republik Ceko, FK Jablonec. Dion Cools bisa saja memenuhi panggilan negara, mengingat Liga Republik Ceko memasuki jeda musim dingin selama Piala AFF 2022.

 

Hal itu berbeda dengan bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott. Pemain berdarah Inggris itu sibuk dengan klubnya, FC Gillingham, karena kompetisi di Inggris tidak punya jeda musim dingin. Timnas Malaysia tidak berada satu grup dengan Timnas Indonesia, namun keduanya bisa bentrok di babak gugur (semifinal atau final).

Kabar baiknya, meski tidak diperkuat Dions Cools, skuad Malaysia masih dihuni pemain-pemain naturalisasi lain seoerti Lee Tuck, Darren Lok, Sergio Aguero, Stuart Wilkin, David Rowley, hingga Brendan Gan.

Berikut daftar 23 pemain Timnas Malaysia di Piala AFF 2022:

Penjaga Gawang: Kalamullah, Syiham Azmi, Rahadiazli

Pemain Belakang: Khuzaimi Piee, Sharul Nazeem, Azam Azmi, Dominic Tan, Quentin Cheng, Fazly Mazlan

Gelandang: Brendan Gan, Mukhairi Azmal, David Rowley, Stuart Wilkin, Aliff Haiqal, Ruventhiran, Shamie Iszuan, Hakim Hassan

Depan: Darren Lok, Lee Tuck, Safawi Rasid, Faisal Halim, Haqimi Azeem, Sergio Aguero.(Sumber)