News  

PPKM Segera Berakhir, Airlangga Hartarto: Pandemi Sudah Berubah Jadi Endemi

Pemerintah sedang mematangkan kajian untuk mengakhiri pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang selama ini menjadi protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini kajian dari seluruh menteri koordinator dan menteri kesehatan terkait penghentian PPKM akan selesai pekan ini dan selanjutnya akan dihasilkan keputusan.

“Saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya, sehingga bisa saya siapkan nanti keputusan Presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12).

Ditambahkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Dia menjelaskan, sudah satu tahun terakhir Indonesia mengalami penurunan tren penularan Covid-19.

Hal itu, kata Ketua Umum Partai Golkar ini, menandakan Indonesia sudah berada di kriteria level 1 selama 12 bulan seperti yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Artinya secara negara, sebetulnya kita sudah masuk, pandeminya sudah berubah menjadi endemi, dan ini sudah level 1,” katanya.

Tren kasus konfirmasi Covid-19 secara harian, sambungnya, juga sudah menurun drastis menjadi di bawah 2.000 kasus Covid-19 per hari.

Namun untuk penghentian PPKM, ditekankan Airlangga, Kementerian Kesehatan akan melakukan persiapan terlebih dahulu.

“Antara lain melakukan Zero Survey, tapi ya insyaAllah ini bisa dilakukan,” pungkasnya.(Sumber)