Ogah Kalah Dari Valentino Rossi, Andrea Dovizioso Kini Punya Sirkuit Motocross

Mantan pembalap MotoGP, Andrea Dovizioso mengumumkan kabar bahagia, karena dirinya berhasil mewujudkan mimpinya memiliki sirkuit motocross di Italia.

Bisa dikatakan Dovizioso mengikuti jejak Valentino Rossi yang lebih dulu membangun sirkuit motocross di Negeri Menara Pisa tersebut.

Sebagaimana diketahui, Dovi –sapaan Dovizioso- telah lama berusaha untuk mengambil alih trek yang dulu digunakan sebagai arena balap Kejuaraan Dunia Motocross Faenza, yakni Sirkuit Monte Coralli yang terletak di Emilia-Romagna, Italia. Sekarang, dia sudah resmi menjadi pengelolanya untuk 20 tahun ke depan bersama perusahaannya, RPM.

Nantinya, kawasan trek tersebut akan berubah nama menjadi ’04 Park-Monte Coralli’. Tentu saja, angka 04 tersebut terinspirasi dari nomor kuda besi yang selalu digunakan mantan pembalap Ducati itu ketika mentas di MotoGP.

Pembalap yang baru pensiun di pertengahan musim 2022 kemarin itu pun girang bukan main bisa mengelola sirkuit tersebut. Sebab, mimpi yang selama ini diidam-idamkannya kini telah menjadi kenyataan.

“Ini adalah mimpi yang saya miliki selama bertahun-tahun. Dan ketika Anda mendapat kesempatan untuk mewujudkan mimpi, dengan trek seperti Monte Coralli, yang selalu menjadi referensi bagi saya, sepertinya semua bagian untuk mewujudkan keinginan itu menjadi kenyataan bersama-sama,” kata Dovizioso dilansir dari Speedweek, Kamis (22/12/2022).

Nantinya, 04-Park- Monte Coralli akan direnovasi besar-besaran. Konsep trek multifungsi akan diterapkan sehingga bisa digunakan untuk beberapa event olahraga balap sirkuit tanah liat, seperti motocross, olahraga ketahanan dan sepeda gunung.

Biaya renovasinya sendiri berasal dari dana ‘Olahraga dan inklusi-Cluster3’. Dana tersebut dialokasikan ke Sirkuit Monte Coralli berkat Federasi Sepeda Motor Italia (FMI), memilih untuk mengembangkan proyek di Kota Faenza.

Berbagai rencana tersebut diharapkan oleh Dovizioso bisa menyatukan para penggemar olahraga off-road. Dia berjanji sejumlah event besar akan digelar di trek yang akan dikelolanya itu.

“04 Park – Monte Coralli adalah tempat khusus dimana kami ingin melaksanakan proyek-proyek penting. Saya ingin ini menjadi tempat di mana para penggemar off-road serta yang lainnya dapat bertemu dan berinteraksi serta berbagi pengalaman sambil bersenang-senang,” ujar mantan pembalap tim satelit Yamaha itu.

Andrea Dovizioso

“Kami akan mengatur acara dan balapan. Anda bisa datang berkendara atau sekadar bersenang-senang di lingkungan yang diciptakan dengan penuh semangat,” tambahnya.

“04 Park – Monte Coralli adalah proyek ambisius. Ini adalah tempat di mana off-road, minicross, dan jalur pompa akan hidup berdampingan dan berkembang bersama di level tertinggi dalam atmosfer ‘kecepatan penuh,” tutup Dovizioso.(Sumber)