Tekno  

Twitter Kini Punya Fitur View Count, Ini Fungsinya

Elon Musk kembali merilis fitur baru untuk Twitter, entah ini akan jadi fitur yang usefull atau justru useless karena dengan fitur baru ini pengguna bisa melihat berapa kali tweet pengguna telah dilihat.

Musk memposting soal fitur baru ini pada hari Kamis, (23/12) dan pengguna pun sudah mulai merasakan fitur ini di hari yang sama.

“Twitter telah meluncurkan View Count sehingga kalian bisa melihat berapa kali sebuah Tweet telah dilihat, untuk postingan video ini sudah biasa,” kata Musk lewat cuitannya dilansir dari Digital Trends.

 

“Fitur ini menunjukkan betapa Twitter lebih hidup daripada yang terlihat, karena lebih dari 90 persen pengguna Twitter membaca, tetapi tidak membuat tweet, balas atau sukai, karena itu adalah tindakan publik,” tambahnya.

Fitur View Count ini muncul di bagian bawah sebuah Tweet, bersandingan dengan retweet, quote tweet dan juga likes.

View Count di Twitter hanya akan muncul bagi tweet biasa, bukan tweet di fitur Komunitas, Twitter Circle atau cuitan lama.

Banyak reaksi muncul setelah kehadiran fitur ini, ada yang menyambut baik ada juga yang tidak suka karena tampilan tweet menjadi lebih sempit.

???? maaf tapi aku gak suka tampilan baru twitter:( terlalu rame jadinya:(( gak suka juga likesnya pindah ke kiri gitu???? pic.twitter.com/1AQtzujLSd

— Tanyarl ã…¡ Dilarang ???? (@tanyakanrl) December 23, 2022
???? fitur twitter yg useless: pic.twitter.com/7MMQNDRMfj

— Tanyarl ã…¡ Dilarang ???? (@tanyakanrl) December 23, 2022
Fitur ini mengingatkan pengguna dengan beberapa fitur ‘seen’ di WhatsApp dimana pengguna bisa melihat berapa banyak orang yang telah membaca pesan di sebuah grup. Meskipun View Count tidak menampilkan akun yang membaca tweet tersebut.

view counts on tweets is like asking a question in a group chat and everyone seen zoning you ????????????

— Samantha Rubia (@sammirubia) December 23, 2022

Perhitungan jumlah pembaca tweet ini dilihat dari siapapun yang melihat tweet atau sekedar lewat, baik itu di timeline, pencarian, profil dan lainnya. Pemilik tweet yang melihat cuitannya sendiri juga dihitung dalam jumlah View Count.

“Beberapa tampilan dapat dihitung lebih dari sekali apabila pengguna melihat tweet yang sama di web lalu di ponsel, dan itu akan dihitung sebagai dua penayangan,” tambah Musk.

Bagaimana menurut kalian soal fitur ini? Berguna atau justru sia-sia?(Sumber)