Kisah Luar Biasa Pele Menangkan 3 Trofi Piala Dunia Untuk Brasil

KISAH Pele menangkan 3 trofi Piala Dunia untuk Brasil akan dibahas Okezone di artikel ini. Pele dikenal sebagai legenda sepakbola Brasil karena kehebatannya dalam membawa Tim Samba juara Piala Dunia di tiga edisi berbeda, tapi tahukah Anda bahwa ada cerita menarik di balik tekad Pele yang begitu besar sampai berjuang keras membawa negaranya juara?

Ternyata, tragedi Maracana yang terjadi di final Piala Dunia 1950 merupakan awal dari tekad Pele untuk membawa Timnas Brasil menjuarai turnamen sepakbola empat tahunan tersebut. Seperti yang diketahui, Piala Dunia 1950 menjadi salah satu momen yang paling menyedihkan untuk sepakbola Brasil.

Bertindak sebagai tuan rumah di Piala Dunia edisi keempat itu, Brasil sangat diunggulkan untuk menjadi juara. Benar saja, Brasil lantas mampu menembus final dan berhadapan dengan Uruguay di partai puncak Piala Dunia 1950.

Fakta menarik Pele

Maracana yang dikenal sebagai salah satu stadion terbesar di dunia kala itu pun dipenuhi para pendukung Brasil. Banyak rakyat Brasil yang ingin menyaksikan langsung perjuangan timnas mereka merebut trofi Piala Dunia pertama mereka.

Akan tetapi, kisah dongeng indah Brasil terhenti di final. Sebab tak disangka Uruguay yang menjadi lawan mereka di final dapat bermain luar biasa.

Brasil sempat kesulitan mencetak gol ke gawang Uruguay di babak pertama, sehingga skor 0-0 pun menutup babak pertama tersebut. Lalu di awal babak kedua, melalui Albino Friaca Cardoso, Brasil sempat unggul 1-0 di menit 47.

Stadion Maracana pun berguncang hebat karena gol Friaca tersebut. Namun, kesenangan itu tak berlangsung lama karena Uruguay dapat menyamakan kedudukan kembali pada menit 66 lewat aksi Juan Alberto Schiaffino.

Selang tak berapa lama, Uruguay kembali menambah keunggulan di menit ke-79 lewat Alcides Edgardo Ghiggia. Skor 1-2 untuk kekalahan Brasil pun betahan sampai laga berakhir.

Rakyat Brasil begitu kaget sampai tak percaya mereka gagal meraih gelar Piala Dunia 1950. Pada momen tersebut, Pele yang masih berusia 9 tahun kaget ayahnya sampai menangis di depan layar telivisi karena kekalahan Brasil tersebut.

Sejak saat itu, Pele bertekad untuk membawa Timnas Brasil merebut gelar Piala Dunia. Benar saja, delapan tahun setelahnya, Pela mampu mengantarkan Brasil menjuarai Pial Dunia untuk pertama kalinya pada edisi 1958.

Pada final melawan Swedia di Piala Dunia 1958, Pele ikut menyumbang dua gol dalam kemenangan 5-2. Empat tahun setelahnya, Brasil kembali juara.

Pele di final Piala Dunia 1958

Berlangsung di Cile, Piala Dunia 1962 dimenangkan Brasil usai menghajar Ceko dengan skor 3-1 di final. Pele pun masuk ke dalam skuad juara tersebut.

Lalu pada Piala Dunia 1970, Brasil kembali juara. Pele masih menjadi bagian dari skuad Tim Samba yang merebut trofi Piala Dunia ketiga mereka.

Brasil saat itu menjadi negara pertama yang meraih tiga trofi Piala Dunia. Bahkan saat ini Brasil memiliki trofi terbanyak, yakni sebanyak lima trofi.

Pele pun menjadi pesepakbola satu-satunya dengan tiga trofi Piala Dunia. Kini Pele sudah tiada. Ia meninggal dunia pada Jumat (30/12/2022) dini hari WIB usai berjuang melawan kanker usus besar.

(Sumber)