News  

Menag Yaqut Tuding 40 Persen Pegawai ASN Kemenag Tidak Terampil dan Kompeten

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) meresmikan Gedung Pusat Penilaian Kompetensi Kemenag yang dilakukan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Yaqut mengungkapkan pihaknya melakukan pemetaan kompetensi para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama RI, melalui Biro Kepegawaian.

Yaqut mengaku kaget bahwa banyak pegawai ASN Kementerian Agama yang kurang terampil, hal ini menjadi tamparan keras baginya. “Kemarin hari Sabtu, Sekjen melalui Biro Kepegawaian sudah melaksanakan tes indeks profesionalisme dan moderasi beragama.

Hasilnya luar biasa mengejutkan, 40 persen ASN Kementerian Agama tidak profesional, itu artinya ada 100.000 lebih ASN di Kementerian Agama tidak profesional,” kata dia, pada Jumat (30/12/2022).

Lebih lanjut, Yaqut mengungkapkan bahwa para pegawai ASN yang dinilai tidak profesional ini akan diberikan sejumlah pelatihan khusus agar menjadi profesional. “Tetapi kalau sudah diberi treatment, pelatihan, tidak juga kunjung menjadi profesional, ya apa boleh buat (dipecat), daripada menjadi beban,” tegas dia.

Solusi yang diberikan oleh Yaqut adalah menggantikan mereka yang tidak kompeten dengan generasi muda yang lebih profesional, sebab bekerja di bawah Kementerian Agama mengemban tugas yang tidak mudah.(Sumber)