UEFA Tak Bersahabat, Rusia Pertimbangkan Gabung AFC

Sepak bola Rusia saat ini tengah mengalami hambatan karena sejumlah hukuman. Kabar kemudian datang bahwa Rusia hendak meninggalkan Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

Dilaporkan ESPN, Persatuan Sepak Bola Rusia (RFU) akan mengadakan pertemuan pada Jumat (30/12). Pertemuan itu membahas opsi bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

“RFU akan mengadakan pertemuan komite eksekutif pada Jumat untuk membahas pengunduran diri dari UEFA untuk pindah ke AFC,” tulis laporan ESPN.

Timnas Rusia dan klub Rusia saat ini tengah diskors dari sepak bola kompetitif FIFA dan UEFA. Hal itu buntut dari invasi ke Ukraina pada Februari lalu.

Usai serangan tersebut, klub-klub Rusia telah didiskualifikasi dari Liga Europa dan Timnas Rusia ditendang dari Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Terlepas dari larangan tersebut, Roman Teryushkov selaku Deputy State Duma mengatakan pindah konfederasi akan membuat klub Rusia bisa kembali beraksi.

“Dalam realitas geopolitik saat ini, kehadiran RFU di UEFA bertentangan dengan kepentingan nasional Rusia,” kata Teryushkov.

“Tidak mungkin untuk membangun persahabatan olahraga dengan negara-negara yang tidak bersahabat dengan kami dan terus-menerus dihantam oleh kolektif Barat,” sambungnya.(Sumber)