Airlangga Hartarto Jadi Menteri Partai Golkar Terpopuler Periode Desember 2022 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Ketua Umum Partai Golkar yang sekaligus menjabat sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menjadi menteri dari Partai Golkar, yang paling banyak mendapat publikasi pemberitaan sepanjang bulan Desember 2022. Partai Golkar sendiri memiliki lima pos menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Pertama tentunya adalah Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Ia menjabat sebagai Menko Perekonomian sejak awal kabinet ini terbentuk setelah sebelumnya di Kabinet Kerja, Airlangga Hartarto duduki pos jabatan sebagai Menteri Perindustrian RI. Airlangga Hartarto menjadi tulang punggung perekonomian di dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi atas kapasitas dan kapabilitasnya mengelola ekonomi Indonesia.

Kinerjanya tidak main-main, ia berhasil menstabilkan bahkan tetap menjaga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di saat negara lain terimbas krisis akibat dari adanya pandemi Covid-19. Untuk bulan Desember 2022, Airlangga Hartarto memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 6.870 berita.

Jumlah tersebut sekaligus menjadikan Airlangga Hartarto sebagai tokoh Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan sepanjang Desember 2022. Figur Airlangga Hartarto bisa dikatakan sebagai Key Opinion Leader utama dari Partai Golkar.

6.870 jumlah pemberitaan yang dimiliki Airlangga Hartarto menghasilkan reach yang sangat besar yakni sebanyak 59,1 juta jangkauan. Selain itu, tone atau sentimen publik pun didominasi oleh reaksi positif. Tercatat, pemberitaan mengenai Airlangga Hartarto mempunyai tone 71,6% positif dan 28,4% negatif.

Pemberitaan terkait Airlangga Hartarto antara lain adalah pernyataannya mengenai rencana pemberian subsidi terhadap kendaraan listrik, lalu pengumuman yang disampaikannya mengenai Indonesia yang sudah masuk fase endemi dan pencabutan PPKM, serta hasil survei yang dilakukan oleh Poltracking mengenai Capres dan Cawapres.

Lalu ada pula pemberitaan mengenai pernyataan Airlangga Hartarto soal stabilnya harga pangan menjelang Nataru, selanjutnya terkait candaan Airlangga Hartarto di depan Presiden Jokowi tentang beberapa menteri yang bernyanyi, serta pernyataan kader Golkar Melki Laka Lena yang meminta seluruh instrumen di Partai Golkar agar menggaungkan kinerja cemerlang Airlangga Hartarto guna menggenjot elektabilitasnya.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar kedua yang mendapatkan publisitas pemberitaan terbesar adalah Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Di Partai Golkar, Luhut Binsar menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat.

Untuk Desember 2022, Luhut Binsar Pandjaitan, mendapatkan publikasi pemberitaan sebesar 3947 berita. Berbeda dengan Airlangga Hartarto yang konten pemberitaannya berimbang antara aktivitas di kabinet dan Partai Golkar, pemberitaan mengenai Luhut didominasi kinerjanya sebagai Menko Marves.

Pemberitaan mengenai Luhut Binsar diantaranya adalah pernyataannya terkait dengan OTT KPK yang membuat malu negara, lalu ada pula pemberitaan mengenai performa pelabuhan RI yang kalahkan negara maju, dan optimisme Luhut Binsar Panjaitan terkait pendapatan wisata yang bisa mencapai Rp. 3,2 triliun karena orang Indonesia yang gemar berjalan-jalan dan kulineran.

3947 pemberitaan mengenai Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan tersebut menghasilkan 44,5 juta jangkauan. Tone yang terbentuk terhadap Luhut Binsar Panjaitan di bulan Desember 2022 didominasi sentimen negatif, yakni sebesar 87% untuk tone negatif dan 13% tone positif.

Ketiga ada nama Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK), yang menjabat sebagai Menteri Perindustrian RI. Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini pada Desember 2022 mendapat 2.052 pemberitaan. Pemberitaan yang dihasilkan oleh Agus Gumiwang Kartasasmita mencatatkan reach sebesar 19,2 juta jangkauan. Pemberitaan mengenai AGK, didominasi sentimen positif, yakni sebanyak 84,8% tone positif dan 15,2% sentimen negatif.

Pemberitaan mengenai AGK diantaranya adalah mengenai guliran wacana Kemenperin terkait pemberian insentif dan subsidi bagi pembeli kendaraan listrik sebesar Rp. 80 juta untuk mobil dan 8 juta untuk motor listrik, lalu ada pula pemberitaan mengenai kabar kinerja industri manufaktur RI yang tetap gemilang di tengah krisis ekonomi, selanjutnya tentang pengakuan Menperin yang mendapat tekanan internasional dalam proses hilirisasi tambang.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan di posisi selanjutnya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Sepanjang Desember 2022, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Golkar mendapatkan jumlah pemberitaan sebanyak 1.798 pemberitaan dan menghasilkan reach sebesar 18,5 juta jangkauan. Tone yang terbentuk atas pemberitaan Zainudin Amali terkesan netral, yakni 97,6% positif dan 2,4% negatif.

Pemberitaan mengenai Zainudin Amali didominasi oleh rapat yang digelar bersama FIFA untuk membahas perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Lalu pembahasan bersama Kapolri mengenai tindak lanjut berlanjutnya kompetisi Liga I. Selanjutnya berbagai pernyataan Zainudin Amali mengenai gelaran Piala AFF 2022.

Menteri Kabinet Indonesia Maju kelima sekaligus terakhir dari Partai Golkar yang terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan adalah Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. Pada Desember 2022, Ketua Umum AMPI ini mendapatkan 145 pemberitaan. Pemberitaan terhadap Jerry Sambuaga menghasilkan 1 juta jangkauan. Tone yang didapat Jerry Sambuaga cukup baik yakni, 100% positif, dan 0% negatif.

Pemberitaan mengenai Jerry Sambuaga antara lain adalah optimismenya terkait kehadiran Plaza Weda di Halmahera Tengah yang bisa dorong putaran transaksi perdagangan. Selanjutnya mengenai masuknya nama Jerry Sambuaga dalam 14 tokoh paling berpengaruh di industri cryptocurrency.

Demikianlah 5 menteri dari Partai Golkar yang berkarya di Kabinet Indonesia Maju. Daftar ini bisa berubah pada bulan-bulan berikutnya, tergantung bagaimana kinerja para menteri disorot oleh media pemberitaan. Selamat untuk Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi yang terpopuler untuk bulan Desember 2022. Semoga Airlangga Hartarto semakin dikenal oleh publik dan kinerjanya dirasakan oleh khalayak rakyat Indonesia.

Berikut daftar lengkap kuantitas pemberitaan 5 kader Golkar di Kabinet Indonesia Maju:

1. Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian RI
6870 pemberitaan
Reach: 59,1 juta jangkauan
Tone: 71,6% positif, 28,4% negatif

2. Luhut Binsar Panjaitan
Menko Marves RI
3947 pemberitaan
Reach: 44,5 juta jangkauan
Tone: 13% positif, 87% negatif

3. Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian RI
2025 pemberitaan
Reach: 19,2 juta jangkauan
Tone: 84,8% positif, 15,2% negatif

4. Zainudin Amali
Menpora RI
1798 pemberitaan
Reach: 18,5 juta jangkauan
Tone: 97,6% positif, 2,4% negatif

5. Jerry Sambuaga
Wamendag RI
145 pemberitaan
Reach: 1 juta jangkauan
Tone: 100% positif, 0% negatif {golkarpedia}