Media Asing Soroti Aksi Ria Ricis Bawa Bayi 5 Bulan Naik Jet Ski Tanpa Pengaman

Aksi Ria Ricis membawa anaknya yang baru berusia 5 bulan naik jet ski sampai dibahas media asing. Soal keamanan jadi poin utama yang disoroti.

Beberapa media yang mengangkat aksi selebgram tersebut antara lain Insider dan Malay Mail. Kedua media memberitakan bahwa Ria Ricis mendapatkan reaksi keras dari masyarakat karena memfilmkan dirinya membawa bayi naik jet ski.

Saat ini, Ria Ricis memang banyak melibatkan putrinya, Moana, dalam konten-konten yang ia buat. Melalui Youtube-nya yang memiliki 30,8 juta subscriber itu, ia sering membagikan momen dirinya membesarkan anak.

Pada 1 Januari, Ricis memposting video Youtube yang memperlihatkan ia bersama sang suami, Teuku Ryan, dan Moana tengah berlibur di pantai. Dalam video tersebut diketahui mereka naik jet ski dengan mengenakan pelampung.

Akan tetapi dalam video tambahan yang diposting Ricis di akun Instagram-nya, Ryan memegang Moana di satu tangan sambil mengemudikan jet ski. Dalam video itu, Moana tak berpelampung.

Video mereka naik jetski yang diunggah pada 2 Januari itu diberi caption ‘Terima kasih, Moana seru kann. Vlogny udah tayang ya auncle. Moana suka di jetski’.

Postingan Ricis ini sontak membuat warganet geram. Banyak yang prihatin dengan sikap Ricis kepada bayinya.

“Kalo diluar negri udah diambil nih ama petugas Child Protective services!!” kata salah satu warganet.

“Tolong hentikan EKSPLOITASI ANAK demi konten!!! Anak dilahirkan tuh dididik bukan dijadiin konten untuk adsense YouTube semata…!!! GOD STILL WATCHING YOUR BAD ATTITUDE TO YOUR BABY!!!” tulis warganet lainnya.

“Moana kalo auto kecebur gimana tuh?? Ngga pake pengaman juga..Demi konten rela anaknya yg jd korban,” warganet lain juga berkomentar.

Dari pantauan detikcom, ada juga warganet yang men-tag akun Komisi Perlindungan Anak Indonesia dan Kak Seto untuk menindak aksi berbahaya yang dilakukan Ricis.

“Mohon maaf bapak ibu. Mungkin bisa tolong diedukasi influencer ini @kpai_official @kaksetosahabatanak,” tulisnya.

Sementara itu, menurut beberapa situs jet ski, tidak ada undang-undang yang melarang orang tua membawa anak mereka dengan jet ski. Akan tetapi sebagian besar pedoman pabrikan tentang jet ski merekomendasikan bahwa semua penumpang harus dapat mencapai lantai ruang kaki jet ski dengan aman menggunakan kedua kaki. Dengan kata lain, bayi yang kakinya belum sampai sebaiknya tidak naik jet ski.

Perihal aksinya yang banyak dikritik itu, Ria Ricis sempat memberikan jawaban. Dikutip dari video wawancara dengan detikHot, Ria Ricis menerima semua kritikan warganet.

“Karena pro kontra ya dan aku itu selalu mikir bad news is a good news buat orang-orang. Jadi mau gimana juga ya nggak apa-apa, kita terima banget kritikan, masukan dan terima banget yang teman-teman berikan,” kata dia.

“Dan kita selalu ambil kok yang kira-kira ini baik masukannya. Ya manusia tetap harus belajar, belajar, dan belajar,” ujar Teuku Ryan.(Sumber)