4 Fakta Tentang Evlin Khalifa, Miss Universe Asal Bahrain Yang Tolak Kenakan Bikini

Ada yang menarik pada gelaran kontes kecantikan Miss Universe ke-71. Perwakilan asal Bahrain, Evlin Abdullah Khalifa, menolak mengenakan bikini dalam kompetisi pakaian renang.

Evlin pun memilih untuk mengenakan burkini berwarna pink. Burkini merupakan pakaian renang yang hanya mengekspos bagian wajah dan juga kedua tangan serta kaki.

Tak hanya pakai burkini, Evlin juga mengenakan jubah dengan bertuliskan aksara Arab yang bermakna “Kesetaraan”. Ada juga kalimat dalam bahasa Inggris yang berarti “Perempuan Arab seharusnya terwakili,” dan “Seorang perempuan muslim juga bisa menjadi Miss Universe”.

Hal ini pun lantas menjadi trending di media sosial. Banyak yang memuji keberanian Evlin menjadi perwakilan perempuan muslim.
Nah, jika kamu ingin mengetahui sosok Evlin lebih lanjut, kumparanWOMAN pun telah merangkum fakta-faktanya berikut ini.

1. Lahir dari lingkungan keluarga yang hangat

Perempuan 24 tahun itu lahir dari seorang ibu asal Rusia. Sementara ayahnya merupakan warga asli Bahrain. Ia tumbuh besar di kota besar kedua negara Bahrain.

Sejak kecil, Evlin berada di lingkungan keluarga yang hangat. Tidak heran jika Evlin dikenal sebagai sosok yang memprioritaskan keluarganya. Hal ini bisa terlihat dari unggahan di laman Instagramnya, Evlin sering membagikan momen-momen bersama sang ayah, ibu hingga neneknya.

2. Seorang pianis dan ahli bela diri Taekwondo
Seperti semua anggota Miss Universe lainnya, Evlin bukan hanya memiliki paras yang cantik. Mengutip Harper’s Bazaar Arabia, Evlin juga seorang pianis. Ia juga ahli dalam seni bela diri Taekwondo.

3. Aktif dalam berbagai kegiatan amal

Belum lama ini, Evlin memposting foto bekerja sama dengan Smile Train, badan amal yang fokus membantu anak-anak sumbing terbesar di dunia.

Tidak hanya itu, ia juga sering kali menyuarakan inisiatif dalam berbagai isu, termasuk meningkatkan kesadaran akan anoreksia, gangguan makan yang membuat seseorang terobsesi dengan berat badan.

4. Ingin menginspirasi perempuan Bahrain
Evlin juga ingin menjadi inspirasi bagi perempuan Bahrain lainnya. Sebab, ia melihat banyak perempuan hebat di Bahrain. Ia pun ingin dunia tahu akan hal itu.

“Bahrain adalah jiwaku, hatiku dan aku melihat begitu banyak perempuan yang berdaya dan bersemangat di Bahrain. Aku ingin alam semesta melihat kecantikan mereka (perempuan Bahrain),” kata Evlin.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan Evlin untuk menginspirasi perempuan adalah dengan mengikuti Miss Universe. Meskipun banyak yang menganggap kontes kecantikan ini hanya menilai perempuan berdasarkan atribut fisiknya.

“Ini bukan hanya parade kecantikan. Ini adalah kompetisi yang patut dicontoh dan menginspirasi di mana perempuan bisa kuat untuk membela hak, impian, dan mengubah dunia menjadi lebih baik,” imbuh Evlin.

“Platform Miss Universe adalah kesempatan besar bagi perempuan untuk menyuarakan advokasi, hak, dan kepercayaan mereka. Ini sangat penting bagi kemanusiaan dan saya merasa terhormat untuk bisa berpartisipasi dalam ajang ini,” sambungnya lagi.(Sumber)