Tantowi Yahya: Selamat Datang, Ridwan Kamil!

Bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar tampaknya berhasil mengguncang jagat pemberitaan politik tanah air. Pasalnya Ridwan Kamil memang bukan figur sembarangan, ia bisa dikategorikan sebagai politisi dengan basis penggemar layaknya seorang selebriti. Hingga tak heran, pemberitaan tentang dirinya selalu memiliki daya tarik tersendiri.

Politisi Partai Golkar, Tantowi Yahya pun angkat bicara mengenai hal ini. Pria yang pernah menjabat sebagai Duta Besar Selandia Baru ini menganggap bahwa Ridwan Kamil telah berhasil mengubah paradigma pemberitaan politik yang biasanya menegangkan menjadi lebih bisa dikonsumsi khalayak.

“Berlabuhnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar jadi berita politik dengan viralitas cukup tinggi. Rumor akan bergabungnya beberapa figur politik ternama dan punya massa juga jadi bahan perbincangan menarik selama beberapa hari ini,” tutur Tantowi Yahya dalam pernyataan tertulis yang diterima redaksi Golkarpedia.com pada Kamis (19/01/2022).

Tantowi Yahya sendiri mengaku bangga dengan kehadiran Ridwan Kamil di Partai Golkar. Meski banyak pihak yang mengatakan bahwa Partai Golkar adalah partainya orang tua, tetapi ternyata figur menyegarkan yang dekat dengan generasi muda seperti Ridwan Kamil memilih partai ini sebagai pelabuhan politiknya.

“Sebagai orang Golkar, tentu saya bangga dan menikmati suasana ini. Ternyata Golkar jauh dari imej partai tua, kuno dan eksklusif. Magnetnya masih kuat. Golkar masih menjadi parpol tempat Asa dan Cita digantung,” ungkap anggota DPR RI periode 2009-2014 dan 2014-2017 ini.

Lebih lanjut, Tantowi Yahya mengatakan bahwa pada dasarnya, partai politik memang urusan ideologi dan platform perjuangan. Tapi siapa figur yang berada di partai itu tetap menjadi faktor penting. Ia pun mengaitkan hal ini dengan fenomena Cristiano Ronaldo, bintang Manchester United yang hijrah ke Real Madrid. Kepindahan Ronaldo ternyata berdampak pada fanbase El Real.

“Banyak fans MU yang tiba-tiba jadi pendukung Real Madrid. Madrid kecipratan banyak supporter baru. Dalam konteks politik ini disebut electoral impact. RK, jujur saja, kita harapkan akan memperbesar basis dukungan PG di Jabar dan juga di kelompok muda. Begitu juga dengan beberapa nama beken yang akan segera berwarna Kuning,” ungkap kakak kandung Helmi Yahya ini.

Terakhir Tantowi Yahya mengatakan bahwa kepindahan Ridwan Kamil ke Partai Golkar merupakan sebuah keniscayaan. Bagi sosok kreatif seperti Ridwan Kamil, berada di institusi politik yang menjamin kebebasan berekspresi seperti Partai Golkar ada pilihan paling rasional.

“Golkar adalah parpol benteng Pancasila yang nasionalis dan inklusif. Rumah semua anak bangsa. Saya yakin Partai Golkar akan menjadi rumah yang nyaman bagi kang RK dan yang lainnya,” pungkas Tantowi Yahya. {golkarpedia}